Pijat Selulit

Pijat Selulitelulit adalah gundukan atau gumpalan kulit yang terdapat pada paha, pantat, lengan atas dan perut wanita. Lebih dari 85% wanita menderita kondisi ini. Para wanita menghabiskan jutaan rupiah setiap tahun untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah ini yang membuat mereka enggan pergi ke pantai atau mengenakan pakaian ketat yang mereka sukai. Celana pendek dan kaos tanpa lengan harus dihindari karena akan menampakkan selulit di bagian-bagian tubuh mereka.

Beberapa penderita mencoba melakukan pijat selulit untuk

membantu mengurangi adanya selulit yang disebabkan oleh sel-sel lemak yang terjepit di antara pita fibrosa dari jaringan ikat di bawah kulit. Pijat selulit diterapkan pada jaringan limfa untuk memperbaiki sistem pembuangan serta meningkatkan sirkulasi dan relaksasi.

Menurut teori, kulit yang dipijat untuk menghilangkan cairan yang berlebihan akan membuat kulit menjadi halus dan lembut, tetapi belum ada penelitian yang dilakukan untuk mendukung teori ini.

Sesi pijat Selulit biasanya berlangsung sekitar 1 jam dan harganya bervariasi mulai dari Rp. 637.500,- sampai Rp. 2.500.000,-. Sayangnya pijat selulit secara manual sulit dilakukan untuk mengatur tekanan pijatan atau menstandarkan teknik yang digunakan. Hanya mesin, seperti Endermologie, yang dapat menyetandarkan tekanan dan teknik pijatan.

Ketika seseorang sedang menjalani perawatan pijat selulit, biasanya pasien diminta untuk memakai pakaian dalam khusus pijat selulit yang ketat. Pakaian itu dapat merangsang sirkulasi mikro dan membuang kelebihan cairan.

Selulit terjadi karena didorong oleh hormon, makanan dan olahraga. Perubahan itu terjadi karena adanya kerusakan pada sirkulasi mikro yang menyebabkan terjadinya penyimpanan cairan di area tersebut. Pijat Selulit dapat membantu meningkatkan sirkulasi di area tersebut, tetapi tidak dapat mengatasi penyebab selulit kecuali dengan bantuan kosmetik tertentu.

Namun, menggunakan pijat yang berlebihan dapat merusak kapiler-kapiler kecil dan dapat mengarah pada berkembangnya selulit lebih lanjut. Beberapa spa menawarkan pijat yang menggabungkan scrub, titik tekanan, impuls listrik dan minyak aromaterapi. Tujuannya adalah untuk mengetatkan dan mengencangkan kulit agar kulit menjadi lembut dan halus.

Pijat selulit sebaiknya memang harus dilakukan oleh seorang ahli untuk menghindari kerusakan karena pijatan yang berlebihan, tetapi Anda masih mungkin untuk melakukannya sendiri di rumah. Ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti ketika melakukan pijat selulit di rumah. Pijatan harus menggunakan gerakan yang ringan dan halus, tidak menimbulkan rasa sakit atau memar yang dapat meningkatkan risiko kerusakan selulit lebih lanjut. Pijat selulit harus dilakukan ketika otot-otot rileks dan tangan yang memijat tidak boleh basah atau dingin. Jika Anda tidak menggunakan krim khusus anti-selulit, Anda dapat menggunakan bedak sehingga tangan Anda dapat menelusuri kulit dengan mudah.

Pijat selulit harus dilakukan selama 30 sampai 60 menit setidaknya setiap dua minggu sekali. Anda tidak boleh memijat pangkal paha, fosa popliteal (daerah belakang lutut) atau bagian atas pinggul di sekitar pubis (tulang kemaluan) untuk menghindari kerusakan pada daerah tersebut. Pijat ini bisa dilakukan sendiri oleh penderita atau bergantian dengan pasangannya karena proses memijat berlangsung cukup lama.

Pijat selulit dapat meningkatkan sirkulasi dan membuat rileks pada penderitanya. Dengan sedikit latihan dan berlalunya waktu, kaki dan lengan Anda akan lebih halus dan lembut.

Olahraga dan kesehatan