Tentang kesehatan

Tentang Perawatan Kulit Wajah

Perawatan wajahPerawatan kulit wajah adalah kegiatan yang harus rutin dilakukan. Perawatan kulit wajah secara rutin perlu dilakukan (dan anda perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan telaten). Jadi mari kita lihat terdiri dari apa saja perawatan kulit wajah.

Secara garis besar kegiatan facial terdiri dari 4 langkah, yaitu:

  • Pembersihan
  • Penyegaran
  • Pengelupasan
  • Pelembapan

Pembersihan (cleansing) adalah langkah pertama didalam perawatan kulit wajah.

Pembersihan dilakukan untuk memebersihkan debu, kotoran, lemak dan minyak dari wajah Anda, dimana hal ini mencegah kerusakan pada wajah Anda. Bersihkan wajah dan leher Anda dengan lotion atau krim pembersih yang bagus dan pijat-pijat kulit Anda dengan lembut dengan tekanan keatas. Gunakan tisu wajah atau kapas yang lembut untuk mengusap wajah Anda dengan gerakan memulas (jangan menggosok). Pembersihan dilakukan setidaknya 2 kali sehari yaitu pada pagi hari (sebagai bagian facial secara rutin) dan sore hari (cukup melakukan pembersihan saja). Pembersih yang larut dengan air adalah yang terbaik untuk Anda gunakan mengakhiri kegiatan ini.

Penyegaran (toning) adalah langkah selanjutnya setelah pembersihan namun bukan merupakan bagian wajib dalam kegiatan facial.

Pembersihan yang tepat sudah bisa menggantikan penyegaran. Penyegaran dilakukan untuk menghilangkan bekas-bekas kotoran, lemak dan bahan pembersih yang tersisa. Anda tidak perlu melakukan penyegaran setiap hari, Anda bisa melakukan penyegaran secara jarang-jarang. Contohnya adalah Anda perlu melakukan penyegaran setelah Anda berada dalam lingkungan yang kotor dan berpolusi.

Pengelupasan (exfoliating), sama seperti penyegaran, ini tidak perlu dilakukan rutin setiap hari.

Pengelupasan cukup dilakukan seminggu sekali(atau dua kali, tergantung jenis kulit dan kondisi lingkungan). Pengelupasan dimasukkan kedalam langkah-langkah perawatan kulit wajahkarena kecenderungan sel kulit untuk mengelupas dan berganti setiap 3 atau 4 minggu. Sebagaimana teknik perawatan kulit wajah, pengelupasan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menutupi pori-pori hingga membantu proses alamiah kulit. Namun melakukan pengelupasan secara kasar dan sembrono bisa mengakibatkan kerusakan kulit;maka anda harus melakukan secara seimbang dan hati-hati.

Langkah selanjutnya dari perawatan kulit wajah adalah pelembapan (moisturising).

Sebenarnya pelembaban adalah bagian yang paling penting dalam rutinitas perawatan wajah. Pelembap mencegah kulit menjadi kering. Kulit tidak boleh kering karena akan menyebabkan bagian terluar kulit menjadi pecah dan membuat sel kulit menjadi mati. Lakukan dengan memijat lurus keatas sehingga pelembap bisa bekerja maksimal. Pelembap bekerja dengan sempurna saat digunakan pada kulit yang hangat dan lembab. Jadi jangan membersihkan sisa-sisa cairan dari langkah-langkah sebelumnya.

Selain melakukan perawatan wajah yang normal secara rutin, Anda harus melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendukung perawatan kulit wajah:

  • Gunakan pembersih make-up yang tepat daripada hanya membilasnya.
  • Perhatikan jenis kulit dan lingkungan Anda saat memilih produk untuk merawat kulit wajah.
  • Sebelum menggunakan produk perawatan wajah yang baru, cobalah terlebih dulu pada bagian kecil kulit, contohnya daun telinga.
  • Jangan menggosok kulit terlalu keras.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi dari sinar matahari.

Olahraga dan kesehatan