Tentang kesehatan

Perawatan untuk Setiap Jenis Kulit

Perawatan untuk Setiap Jenis Kulit cap=M]erawat kulit dimulai dari mengetahui jenis kulit Anda, karena pada akhirnya pun, hal ini akan menentukan perawatan rutin untuk kulit yang tepat sehingga Anda harus mengambil jenis produk yang paling melengkapi kulit Anda. Jenis kulit dikategorikan menjadi empat, yaitu : normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Berikut ini adalah deskripsi dari

masing-masing jenis kulit dan saran tentang cara merawat kulit.

Kulit Normal

Berbahagialah mereka yang memiliki jenis kulit normal karena jenis kulit ini yang paling sedikit bermasalah daripada jenis kulit lainnya. Pertama, kulit terlihat segar dan lentur bahkan setelah setengah hari berlalu. Kedua, kulit terlihat lembut meskipun ada corak kulit. Ketiga, walaupun pori-pori terlihat, namun tidak terlalu terlihat besar. Pori-pori yang tersumbat juga bukan suatu masalah, itulah sebabnya, yang keempat, jerawat merupakan kejadian yang jarang terjadi. Dan kelima, kulit normal memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang minimal.

Pembersih wajah ringan sangat cocok untuk kulit normal. Pembersih terbaik untuk kulit normal adalah tanpa alkohol. Meskipun kulit normal secara alami memiliki tingkat kelembaban yang tepat, pelembab harus tetap digunakan. Kulit normal jarang mempunyai masalah, namun untuk perawatan harus tetap diselidiki terlebih dahulu dalam memilih produk untuk perawatan kulit dan kosmetik. Baiknya gunakan produk yang berbahan ringan dan jika memungkinkan memiliki kandungan organik.

Kulit Kering

Dua kabar baik tentang kulit kering adalah jerawat dan munculnya noda jarang terjadi. Namun kulit kering juga dapat menjadi suatu permasalahan karena kulit jenis ini cenderung kusam, bersisik dan kadang-kadang kasar. Kerutan dan garis-garis halus dapat terlihat pada orang-orang yang mempunyai jenis kulit kering.

Permasalahannya adalah karena kulit kurang mempunyai kelembaban. Ada berbagai alasan untuk hal ini. Salah satunya adalah alasan cuaca. Cuaca berangin, dingin, dan kering dapat merampas kelembaban alami tubuh dan menimbulkan efek negatif kulit. Alasan lain adalah usia. Semakin orang menjadi tua, kemampuan untuk memproduksi dan mempertahankan kelembaban menjadi lemah. Paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras, dan turunan genetis juga mungkin menjadi alasan mengapa memiliki kulit kering.

Kulit kering disarankan untuk perawatan khusus dengan menggunakan produk yang bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan tetap terkandung di dalamnya. Orang dengan kulit kering harus menghindari produk alkohol, karena alkohol lebih lanjut akan mengakibatkan kekeringan. Sebaliknya, dianjurkan menggunakan produk dengan bahan dasar gliserin, petroleum, asam laktat, dan lanolin. Pelembab juga diperlukan untuk membuat kulit kenyal. Pelembab dengan vitamin E dan berbasis minyak baik untuk kulit kering. Direkomendasikan juga untuk mengunakan kosmetik dengan kandungan pelembab.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar dan terlihat, memiliki tekstur kasar, yang akhirnya selalu terlihat mengkilap. Hal ini juga rentan terhadap penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat. Kulit berminyak menghasilkan terlalu banyak produksi sebum, minyak alami kulit sehingga dalam pemeliharaan kulit ini harus menjaga agar minyak berada pada tingkat normal. Penggunaan pembersih yang mempunyai kandungan yang membersihkan diperlukan untuk jenis kulit berminyak. Namun, produk berbahan keras jangan pernah digunakan karena menyebabkan kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak berlebih sehingga mempersulit masalah.

Beberapa ahli kulit menganjurkan untuk menggunakan produk dengan asam salisilat dan bahan anti bakteri. Pengelupasan, setidaknya satu kali seminggu. Keuntungan orang dengan kulit berminyak adalah pada waktu pengelupasan, dapat menghilangkan sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori. Pelembab untuk kulit berminyak tetap diperlukan untuk me-rehidrasi kulit setelah pembersihan menyeluruh, namun pelembab harus khusus bebas minyak dan kilap. Produk perawatan dan kosmetik yang lain juga memerlukan label bebas minyak, tidak menyebabkan komedo dan jerawat.

Kulit Kombinasi

Kebanyakan wanita memiliki jenis kulit ini. Daerah T, yang terdiri dari dahi, hidung, juga dagu merupakan daerah berminyak, dimana daerah pipi dan sekitar mata merupakan daerah kering. Daerah T sering sebagai daerah yang bernoda, ketika dibasuh dengan air, beberapa bagian wajah  mungkin terasa ketat dan kencang.

Karena itu, perawatan kulit yang tepat untuk kulit kombinasi adalah sedikit rumit karena harus menangani masalah kulit berminyak dan kulit kekeringan. Untungnya sekarang, produk perawatan kulit untuk jenis kulit ini sudah tersedia. Pembersih harus ringan, namun secara menyeluruh menghilangkan kotoran dan minyak berlebih khususnya daerah T. Direkomendasikan juga untuk menggunakan toner untuk lebih membersihkan daerah T dan menjaga agar bebas kilap. Pelembab, di sisi lain harus berbasis minyak dan diterapkan dalam jumlah minimal pada daerah yang berminyak.