Tentang kesehatan

Pertolongan Pertama Setelah Digigit Kutu

Pertolongan Pertama Setelah Digigit KutuKutu menggigit biasanya pada bulan-bulan di musim panas. Beberapa kali kita tidak tahu bahwa sebenarnya kita telah digigit. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobatinya ketika Anda memperhatikan bahwa kutu telah mempengaruhi Anda.

Kutu terdapat pada berbagai jenis. Salah satu yang paling diperhatikan orang adalah jenis kutu rusa. Kutu ini dapat menyebabkan penyakit Lyme.

Penyakit ini biasanya tidak parah tetapi dapat membuat Anda benar-benar sakit jika tergigit olehnya. Biasanya dikenal sebagai demam berbintik Rocky Mountain.

Sehingga pada suatu percobaan untuk menghindari rasa sakitnya dan juga ketidaknyamanan ini seperti timbul pada kulit Anda, berikut adalah beberapa cara untuk membantu jika Anda menghadapi kutu. Pertama-tama usahakan mencegah gigitan kutu dengan melekatkannya pada jalan setapak dengan rumput rendah dan menutupi kulit di sekitar kaki dan pergelangan kaki.

Letakkan kutu-kutu tersebut dengan seksama. Ketika Anda datang dari luar, periksa keseluruhan kulit Anda. Lihat titik-titik gelap atau sesuatu yang kelihatan seperti tahi lalat yang tidak terlihat sebelumnya. Mintalah orang lain untuk membantu Anda mencari kutu tersebut di tempat yang sulit dijangkau.

Jika Anda melihat kutu...

* Pindahkan kutu - Berhati-hatilah.

Anda dapat merusak tubuhnya. Jika Anda mencoba memindahkan kutu dengan tangan Anda, tinggalkan bagian dari tubuhnya yang dapat tertanam pada kulit Anda. Gunakan sepasang penjepit untuk mengambil kuku pada kepalanya dimana mulutnya terkunci menghadap Anda. Untuk kutu yang sudah tertanam pada kulit Anda, usap daerah tersebut dengan cat kuku yang bersih yang dapat membantunya keluar dari kulit.

* Jaga kutu tersebut

Hal ini bisa membantu, sehingga tidak memperburuk keadaan Anda setelah digigitnya. Dokter dapat mengidentifikasi jenis kutu yang telah menggigit Anda untuk pengobatan pertama Anda.

* Bersihkan daerah yang digigit dengan baik

Ketika kutunya telah pergi, bersihkan daerah tersebut. Hal ini dapat membersihkan bakteri pada kulit dan juga memungkinkan Anda melihat tanda-tanda masalah yang bisa terjadi pada daerah tersebut lebih baik.

* Panggil dokter jika Anda khawatir

Salah satu alasan pasti untuk memanggil dokter adalah jika mempunyai masalah dalam memindahkan kutu pada kulit Anda. Semakin lama Anda meninggalkan kutu tetap berada di kulit Anda, semakin banyak bakteri yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda. Juga ketika kutu sudah dipindahkan, lihatlah daerah bekas gigitan dengan hati-hati. Jika Anda memperhatikan ruam yang berkembang, carilah pengobatan medis. Tanda-tanda lain yang kemungkinan bisa salah meliputi leher kaku, demam, nyeri otot, seperti gejala flu, peradangan dan nyeri tulang sendi.

* Dapatkan pertolongan darurat

Gejala-gejala langsung dapat menjadi alasan untuk memanggil layanan darurat. Hal ini meliputi kelumpuhan, masalah pernafasan, nyeri dada atau sakit kepala yang tidak terasa sebelumnya.

Gigitan kutu lebih umum terjadi ketika cuaca mulai hangat. Pengobatan terbaik adalah pencegahan tetapi walaupun tindakan pencegahan masih dapat menghasilkan gigitan yang disayangkan. Jika Anda digigit, hal-hal tersebut adalah cara yang dapat menurunkan kesempatan Anda untuk jatuh sakit.

Olahraga dan kesehatan