Tentang kesehatan

Perawatan Kulit Keriput

Perawatan Kulit KeriputSeiring dengan kemajuan dan berkembangnya teknologi kesehatan dan kebugaran, ada banyak sekali pilihan untuk perawatan kulit keriput. Entah itu dengan cara alami, kosmetik ataupun operasi, ada begitu banyak jenis perwatan yang ditawarkan oleh pasar, dari hanya mengurangi keriput sampai menghilangkannya, yang mana yang terakhir ini memerlukan proses operasi.

Dibawah ini adalah daftar berbagai macam perawatan kosmetik, dengan pengobatan ataupun operasi, termasuk pengobatan alami dan krim yang tersedia di pasaran.

Vitamin A Acid

Atau dikenal sebagai Tretinoin, dengan merk terkenal seperti Retin- A dan Renova, adalah bahan yang biasa ditemui untuk perawatan kulit keriput. Bahan ini, yang bisa didapatkan melalui resep dokter, mempunyai rekor keberhasilan yang paling bagus didalam pengobatan kulit keriput serta menghilangkannya, khususnya di bidang muka.

Krim dan lotion yang mengandung tretinoin ini harus digunakan secara rutin dan terus menerus. Gejala pertama mungkin menyebabkan kulit memerah dan mengelupas, tetapi, ketidaknyamanan akibat efek sampingnya bisa dikurangi dengan mengurangi tingkat konsentrasi tretinoin dengan krim dasar dan memakainya dengan tidak begitu sering sampai kulit terbiasa dengan ini.

Alpha-Hydroxy acids, atau juga disebut sebagai "asam buah", termasuk bahan aktif seperti glycolic dan asam lactic. Persiapan pengobatan dengan bahan mengandung asam buah adalah alternatif yang lebih aman karena lebih sedikit menyebabkan iritasi kulit atau bahkan sama sekali tidak menyebabkan iritasi. Tetapi efeknya juga tidak begitu terasa.

Anti Oksidan

Ini adalah pengobatan alami yang mengandung vitamin seperti A, C dan E, bersama dengan beta-karotin. Biasanya dipadukan dengan pelindung matahari dan melakukan perawatan ringan terhadap garis keriput.

Ada juga pelembab biasa yang mengklaim dapat mengurangi keriput, tapi perlu diperhatikan bahwa pelembab yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut diatas hanya bisa menyamarkan atau menyembunyikan keriput secara sementara dan hanya mengurangi garis-garis keriput.

Ada juga cara-cara dengan menggunakan kosmetik yang tersedia di pasaran, biasanya ini dibuat oleh ahli dermatologi atau praktisi kesehatan.

Pengupasan Asam Glycolic

Walaupun bentuk pengobatan ini melibatkan tangan dipenggunaannya, pengelupasan jenis ini(dangkal) hanya memberi efek kecil di intensitas dan tingkat garis keriput.

Pengelupasan lebih dalam

Proses pengelupasan kulit jenis ini memerlukan zat kimia seperti asam salicyclic dan asam trichloroacetic yang bisa menembus kulit lebih dalam. Dipercaya bahwa semakin dalam perawatan pada sebuah kulit maka akan semakin efektif untuk menghilangkan garis kulit keriput, tapi, semakin dalam pengelupasan juga memperbesar risiko untuk mendapatkan efek samping yang lain, diantaranya, perubahan pigmen kulit atau perubahan warna kulit dan bekas parutan.

Pengelupasan jenis diatas tidak memerlukan pembiusan, tapi pasien dapat meminta obat penenang dosis rendah untuk menolong mereka melalui proses yang menyakitkan ini.

Mikrodermabrasion

Proses ini yaitu dengan "menyikat kulit" menggunakan mesin yang mengandung silika atau alumunium kristal yang digunakan untuk mengamplas kulit.

Pelayanan diatas sering ditawarkan dalam bentuk paket yang terdiri dari enam sampai tujuh sesi perawatan dan tidak merubah anatomi kulit atau tidak terdapat terdapat efek samping yang disebabkan bahan kimia, perawatan jenis ini menjamin menjadikan kulit lebih halus.

Dari begitu banyak produk kosmetik yang dijual sebagai "perawatan microdermabrasion di rumah" tapi itu hanyalah exfoliants ringan yang pada umumnya tidak berbahaya tapi juga tidak begitu berkhasiat menghilangkan keriput.

Dermabrasion

Ini adalah benar-benar proses operasi yang biasanya dilakukan oleh praktisi kesehatan, terutama ahli operasi plastik atau praktisi dermatologi yang bersertifikat, dan operasi ini memerlukan pembiusan

Operasi jenis ini memerlukan tangan yang terampil dan keahlian dari dokter yang melakukan, menggunakan alat yang berputar untuk mengamplas kulit.

Debramasion bisa menghasilkan hasil yang bagus, tapi resikonya juga besar, karena ini bisa membuat efek samping seperti bekas luka parutan dan perubahan warna kulit secara permanen.

Dengan begitu banyak perawatan untuk kulit keriput, orang-orang mempunyai beberapa pilihan untuk dipilih, mereka tinggal memilih perawatan mana yang cocok untuk mereka.

Olahraga dan kesehatan