Tentang kesehatan

Penghapusan Bekas Luka Dengan Bedah Kosmetik Laser

Penghapusan Bekas Luka Dengan Bedah Kosmetik LaserPenghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser adalah senjata berteknologi tinggi dalam memerangi penuaan kulit dan jaringan parut. Penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser bekerja dengan cara menguapkan kulit yang kedengarannya tidak terdengar seperti sesuatu yang baik. Orang yang memiliki bekas jerawat dan bekas luka karena infeksi atau yang lainnya sering merasa bahwa penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser merupakan pengalaman yang positif.


Dalam beberapa tahun terakhir laser telah berpindah dari hanya gambaran fiksi ilmiah ke tangan para dokter bedah. Menurut American Society for Plastic Surgeons setiap tahunnya jumlah pria dan wanita yang menjalani operasi penghapusan bekas luka dengan laser meningkat.

Penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser sering disebut Laser Resurfacing atau perawatan laser. Prosedur ini merupakan prosedur pembakaran sel-sel kulit yang sangat terkendali dengan cara banyak menguapkan lapisan superfisial pada kulit. Prosedur ini tidak hanya menghilangkan keriput dan garis yang disebabkan oleh matahari dan penuaan, tetapi juga menghilangkan bekas luka karena jerawat, infeksi dan trauma. Beberapa dokter menggunakan bedah ini untuk menghapus pra-kanker dan pertumbuhan jinak. Secara teori, prosedur ini menciptakan permukaan untuk tumbuhnya kulit yang baru.

Laser telah menjadi alat industri yang manjur sejak tahun 1958, namun aplikasinya dalam dunia kedokteran lebih baru. Salah satu efek positif dari penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser adalah bedah ini sangat akurat dan dapat menghilangkan kulit dalam jumlah tertentu sekaligus mengurangi jumlah perdarahan bila terjadi. Ini adalah sesuatu yang pisau bedah tidak bisa lakukan.

Aplikasi laser dalam kedokteran juga sangat selektif
. Karena berbedanya panjang gelombang dari cahaya, para ahli bedah dapat menggunakan laser untuk hanya menghapus jaringan tertentu seperti port wine stain (sejenis tanda lahir berwarna mulai pink sampai ungu) atau folikel rambut tanpa mempengaruhi jaringan di dekatnya.

Kolagen adalah kunci protein berserat dalam jaringan ikat kulit yang membantu memberi kulit tekstur yang halus dan tegas. Penuaan alami ditambah faktor-faktor lain seperti kerusakan akibat sinar matahari dan merokok turut memecah lapisan kolagen sehingga permukaan kulit mulai memiliki keriput. Penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser membantu melapisi kulit dan juga menghapus keriput pada kulit.

Setelah pasien menjalani prosedur laser ini, mereka harus menghindari sinar matahari dan ekstra berhati-hati menggunakan perlindungan SPF 30 untuk mengurangi kerusakan yang mungkin terjadi setelah operasi. Penderita juga tidak boleh merokok sehingga hasil operasi akan bertahan lebih lama.

Perubahan yang terjadi pada kulit dapat membuat penampilan seseorang lebih muda 8-10 tahun, dan prosedur ini seringkali bertahan selama sekitar 10 tahun. Namun, paparan matahari dan merokok akan mengurangi masa perbaikan sejumlah 50%.

Tidak setiap orang merupakan calon ideal untuk melakukan teknik pelapisan kembali dan penghapusan bekas luka. Mereka dengan kulit yang sangat sensitif atau mereka dengan kulit dengan jumlah melanin yang tinggi akan membuat hasil yang tak terduga dan juga dapat menghasilkan jaringan parut karena hasil dari prosedur pembakaran.

Teknik ini juga bukan prosedur yang mudah untuk pulih. Akan ada memar, pembengkakan dan reaksi kulit terbakar yang khas seperti wajah seperti berdarah, keras, memar dan berkeropeng. Pasien juga harus tinggal di dalam rumah selama 7 sampai 10 hari. Dan ketika luka bakar telah sembuh, pasien tidak seharusnya mengharapkan kesempurnaan. Setidaknya 50% peningkatan yang dapat diharapkan pasien.

Penghapusan bekas luka dengan bedah kosmetik laser adalah teknik yang saat ini telah luas digunakan dan memiliki hasil yang baik. Di tangan seorang dokter bedah kosmetik yang terampil dan berkualitas, prosedur laser ini dapat membuat penampilan menjadi lebih muda.

 

Olahraga dan kesehatan