Tentang kesehatan

Fakta-Fakta Tentang Perawatan Kulit Berminyak

Pori-poriUntuk memulai diskusi tentang perawatan pada kulit berminyak, pertama-tama sangat penting sekali mengetahui penyebab kulit berminyak. Kulit berminyak adalah hasil dari produksi yang berlebih dari sebum (lemak yang yang diproduksi oleh kulit). Seperti yang telah kita ketahui, semua yang berlebihan adalah tidak baik, jadi sebum yang berlebih juga tidak bagus. Ini akan membuat penyumbatan pada pri-pori kulit sehingga membuat sel-sel kulit terjebak yang bisa menyebabkan terjadi pembentukan jerawat. Dan juga kulit berminyak akan mengganggu penampilan Anda. Jadi perawatan kulit berminyak juga penting seperti juga perawatan untuk jenis kulit lainnya.



Tujuan dasar dari perawatan kulit berminyak adalah untuk menghilangkan kelebihan sebum atau minyak dari kulit. Namun prosedur perawatan kulit berminyak tidak serta merta menghilangkan semua minyak dari kulit. Perawatan kulit berminyak dimulai dengan penggunaan pembersih (cleanser). Namun tidak semua pembersih cocok, Anda perlu pembersih yang mengandung salicylic acid yakni beta-hydroxy acid yang berfungsi melambatkan produksi sebum. Pembersihan harus dilakukan 2 kali sehari (bahkan lebih pada saat cuaca yang panas dan lembab).

Kebanyakan produk-produk untuk perawatan kulit berminyak adalah bebas dari minyak. Walaupun begitu, Anda harus selalu memeriksa kandungan yang terdapat dalam produk tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Ini sangat penting terutama jika sebuah produk diberi label 'cocok untuk semua jenis kulit' dan bukan 'produk perawatan kulit berminyak'. Perawatan kulit berminyak juga tergantung pada tingkat minyak pada kulit kita. Jika kulit Anda tidak terlalu berminyak maka produk yang diberi label 'cocok untuk semua' mungkin cocok untuk anda. Untuk kulit yang sangat berminyak, maka hanya produk khusus untuk perawatan kulit berminyak yang sesuai untuk Anda. Perawatan kulit berminyak yang rutin adalah penyegar (toner) yang berbasis alkohol (untuk kulit yang sangat berminyak). Ini adalah langkah kedua pada perawatan rutin kulit berminyak, yakni dilakukan setelah pembersihan(cleansing). Namun jangan berlebihan, karena penyegar (toning) yang berlebihan akan merusak kulit.

Langkah selanjutnya pada perawatan kulit berminyak yang rutin adalah pelembab (moisturiser) ringan. Sekali lagi, tingkat keberminyakan dari kulit Anda akan menentukan apakah pelembaban ini diperlukan untuk perawatan kulit berminyak yang rutin. Jika Anda memilih untuk memasukkan pelembab dalam perawatan, Anda harus yakin bahwa kandungan bahannya bebas minyak, bebas lilin (wax) dan bebas lipid (zat lemak yang tidak larut air namun larut dalam alkohol dan eter).

Anda juga bisa mencoba masker lumpur (mungkin sekali seminggu) sebagai bagian dari perawatan kulit berminyak Anda.

Karena begitu banyaknya produk perawatan kulit berminyak yang tersedia dipasaran, maka Anda perlu mencoba beberapa produk sebelum Anda menemukan yang benar-benar cocok untuk kulit Anda.

Jika perawatan yang Anda lakukan tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, berkonsultasilah dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan nasehat. Dia bisa memberi resep produk perawatan kulit berminyak yang lebih kuat seperti krim vitamin A, retinoid, krim sulfur dan sebagainya, yang akan menolong Anda mengatasi persoalan kulit berminyak.