Cara Mengilangkan Jamur Kaki

kakiandal dan sepatu dengan model terbuka sangat digemari pada musim semi dan musim panas. Tetapi bagaimana kalau kuku kaki Anda tidak terlihat seindah yang Anda mau? Mungkin ini adalah hasil pekerjaan jamur kaki.

Jamur kaki jelas tidak enak dipandang.  Kuku kaki Anda adalah tempat yang sempurna bagi jamur untuk bertumbuh dan

berkembang. Jamur dan bakteri lainnya membutuhkan tempat yang hangat, lembab dan gelap dan bagian dalam sepatu Anda adalah tempat yang tepat untuknya.

Perhatikan kuku kaki Anda. Salah satu indikasi dari keberadaan jamur kaki adalah kuku kaki yang terlihat gelap dan berkerak. Kuku kaki ini juga rapuh di bagian dalamnya.

Jangan sembunyikan kaki Anda lagi. Semakin jari kaki disembunyikan, semakin cepat jamur berkembang. Anda bisa menghilangkan jamur sekarang hanya dengan mengunjungi kantor dermatolog terdekat.

Apa yang Harus Dilakukan

  • Kunjungi dokter Anda. Ia akan memeriksa kuku kaki Anda. Kalau Anda sedang memakai cat kuku, hapuslah cat kuku tersebut supaya dokter yang melihat dapat memeriksa semua area dengan seksama.
  • Cobalah resep dokter yang diberikan. Ada beberapa jenis yang dapat diminum. Obat jenis ini ideal untuk Anda yang tidak punya waktu atau kesabaran untuk mengoleskan salep atau lotion. Anda mungkin juga perlu mengoleskan krim atau salep pada kuku jari Anda setiap hari. Proses ini akan memakan total waktu beberapa minggu agar obat masuk ke dalam sistem tubuh anda dan meraih kuku kaki Anda.
  • Cobalah perawatan lainnya. Resep dokter memang berguna, tapi juga cukup mahal. Ada beberapa obat yang dijual bebas yang bisa Anda coba. Sebagai contoh, Anda bisa membeli obat oles khusus jamur. Dengan mengoleskan obat ini pada kuku Anda dua kali seminggu, Anda bisa menghambat pertumbuhan jamur kaki sehingga mereka tidak dapat menyebar.
  • Potong kuku kaki yang sudah terinfeksi jamur sejauh yang Anda bisa. Kebanyakan jamur menetap di bagian kuku tertentu. Saat kuku ini memanjang, jamur kaki ikut berkembang bersamanya. Jadi Anda harus memotong kuku kaki ini secara berkala.
  • Gunakan metode alami. Minyak tea tree mengandung antiseptik alami dan anti jamur. Memijat kuku yang terinfeksi jamur juga dapat membantu menghilangkan jamur kaki. Metode lainnya yang sering direkomendasikan adalah menggunakan salep Vick's Vaporub. Mungkin minyak camphor atau eucalyptus di dalamnya yang menyebabkan jamur kaki menghilang, tapi yang pasti salep ini membantu juga.
  • Perhatikan makanan Anda. Jenis makanan yang kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat menambah kekebalan tubuh. Kekebalan yang bertambah berarti semakin berkurangnya kesempatan bakteri dan jamur yang akan menyerang kuku Anda.
  • Jangan meremehkan andil dari pencegahan. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, lakukanlah beberapa usaha pencegahan. Lindungi kaki Anda dengan menggunakan alas kaki untuk mandi saat Anda membersihkan diri di gym. Usahakanlah agar kaki Anda kering sepanjang waktu. Gunakan bedak jamur untuk kaki saat Anda menghabiskan banyak waktu berolahraga di gym atau di luar.

Jamur kaki memang tidak enak dilihat tapi bukan berarti harus menetap selamanya. Inilah cara-cara untuk menghilangkan sang jamur kaki.

Olahraga dan kesehatan