Bintik Putih Pada Kuku

Ketika cuaca semakin hangat, semua orang ingin memamerkan kuku mereka. Tapi karena kuku telah sekian lama tersembunyi di musim dingin, Anda mungkin tidak menyadari adanya bintik-bintik putih kecil di kuku. Teruslah membaca untuk mengetahui apa arti kejadian tersebut.



Nama medis untuk bintik putih pada kuku adalah punctata leukonychia. Tidak seperti yang Anda sangka, bintik putih pada kuku ternyata telah umum terjadi. Kejadian itu bisa terjadi karena beberapa alasan.

Alasan pertama adalah trauma pada kuku. Anda mungkin melihat bintik putih pada kuku tangan atau kuku kaki. Hal ini biasanya banyak terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Kerusakan pada kuku tidak selalu menyebabkan munculnya bintik putih. Ketika kuku tumbuh, bintik putih biasanya mengikuti tumbuhnya kuku dan akhirnya menghilang.

Sebuah cacat dalam pembentukan kuku juga dapat menjadi penyebab bintik putih pada kuku. Kuku tumbuh melalui suatu proses yang disebut keratinisasi. Kuku adalah protein keras yang merupakan sambungan dari kulit. Mungkin ada gelembung udara yang terjebak di piringan kuku yang menyebabkan terjadinya fenomena ini.

Infeksi ringan dapat menyebabkan bintik putih pada kuku. Ini sering terlihat pada kuku kaki. Karena jari-jari kaki biasanya dimasukkan dalam sepatu yang gelap dan lembab, jamur mungkin bisa tumbuh di sana. Akibatnya, terjadilah bintik-bintik putih pada kuku.

Pikirkan saat terakhir Anda melakukan manikur atau pedikur. Tehnik perawatan kuku yang agresif dan memotong kuku yang terlalu dekat dengan kulit juga bisa menyebabkan trauma yang mengarah pada pembentukan kuku yang buruk. Bahkan Anda mungkin mengalami alergi terhadap beberapa jenis cat kuku. Alergi terhadap cat kuku dapat menyebabkan bintik-bintik putih muncul sebagai tanda trauma.

Ada berbagai macam leukonychia. Totalis leukonychia menggambarkan warna putih yang terjadi di seluruh kuku. Di dalam partialis leukonychia, hanya sebagian dari kuku yang berwarna putih. Sedangkan striata leukonychia menunjukkan adanya  garis-garis putih pada kuku.

Jika Anda merasa prihatin dengan bintik putih pada kuku Anda, pergilah ke dokter kulit. Bintik putih mungkin akan hilang seiring berlalunya waktu tetapi bagi mereka yang masih muda, hal ini bisa mengganggu penampilan mereka. Dokter mungkin akan menyarankan untuk menggunakan minyak Vitamin E untuk melembabkan kuku agar kuku bisa sehat kembali. Ini juga akan membantu menyehatkan kulit di sekitar kuku dan mencegah patahnya kuku.

Apa yang Anda makan juga berpengaruh pada kesehatan kuku. Makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya bisa memperkuat rambut dan kuku. Kekurangan seng juga bisa menyebabkan bintik putih. Tambahkan kandungan seng dalam makanan Anda agar masalah tersebut bisa teratasi dalam waktu singkat.

Bintik putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi penyelesaiannya mudah. Konsultasikan hal itu dengan dokter kulit.