Apa yang Terjadi Ketika Kulit Terbakar Matahari Tingkat ke3?

Apa yang Terjadi Ketika Kulit Terbakar Matahari Tingkat ke3?ermandikan sinar matahari pada musim panas memang tiada duanya. Berdansa dibawah sinar matahari sangatlah menyenangkan, akan tetapi kita harus melindungi diri dengan baik agar liburan kita tidak rusak. Jika tidak ada perlindungan yang dilakukan maka kita akan berpotensi mengalami kulit terbakar matahari tingkat ke-3.

Paparan yang terlalu lama terhadap sinar UV matahari yang berbahaya akan menyebabkan kulit terbakar.

Hal ini terjadi setelah berjemur lama atau berada dibawah sinar matahari langsung antara pukul 10:00 sampai 14:00 siang. Jika Anda keluar cukup lama, Anda berisiko mengalami kulit terbakar matahari tingkat ke-3, yang merupakan tingkat paling parah.

Kulit terbakar sinar matahari tingkat ke-3 sama dengan luka bakar tingkat ke-3 lainnya, menyebabkan kerusakan sel lebih rendah dan mengeluarkan cairan plasma, menyebabkan letupan dan robekan pada kulit dimana bakteri dan infeksi bisa masuk dengan leluasa. Jika hal ini terjadi Anda harus memberitahu dokter akan kondisi Anda sesegera mungkin.

Tidak ada cara nyata untuk mencegah kulit agar tidak terbakar sinar matahari. Satu-satunya pertahanan untuk melawannya adalah dengan melakukan tindakan pencegahan dengan selalu menggunakan tabir surya dan memperkirakan waktu untuk melakukan aktifitas luar, yaitu ketika sinar matahari tidak berada dipuncak, sekitar pukul 10:00 sampai 02:00 siang. Melindungi diri dengan pakaian akan membantu melindungi tubuh jika memang harus keluar dibawah sinar matahari pada jam – jam ini.

Sekarang, musim panas sudah hampir tiba dan adalah waktu yang tepat untuk mengingatkan putra putri Anda akan akibat terbakar sinar matahari yang mungkin terjadi. Belilah sebotol tabir surya dan biarkan mereka mengetahuinya, jangan berada dibawah sinar matahari terlalu lama. Jangan biarkan awan menipu Anda, memang sepertinya dingin dan berawan namun sinar UV mampu menembus awan dan membahayakan kulit Anda.

Meskipun tidak umum terjadi, terbakar matahari tingkat ke-3 bisa terjadi pada siapa saja yang tidak melakukan perlindungan serius. Musim panas menjadi semakin panas, dan karena itulah kita harus lebih proaktif dalam melindungi diri dari sinar matahari yang mematikan.

 

 

Olahraga dan kesehatan