Tentang kesehatan

5 Tips untuk Kulit Sensitif

kulitanyak orang mengklaim bahwa mereka mempunyai kulit sensitif ketika muncul jerawat setelah menggunakan produk tertentu atau setelah terekspos sinar matahari. Namun kenyataannya tidak semua begitu, penyebab di balik kulit memerah dan berjerawat dikarenakan penggunaan produk yang tidak cocok dengan kulit dan

kebiasaan memperlakukan kulit dengan buruk. Jika Anda adalah salah satu orang yang terkena jerawat dan gatal-gatal setelah terkena sinar matahari atau menggunakan suatu produk, lebih baik Anda mencari tahu apakah semua itu disebabkan oleh  sensitif atau hal lainnya.

Bagaimana mengetahui apakah Anda memiliki kulit sensitif?

Umumnya, kulit sensitif adalah tipis dan terlihat kapiler darah yang terdapat dibawahnya. Kulit sensitif juga mempunyai pori-pori yang halus. Ketika terkena perubahan temperatur suhu, kulit sensitif memerah dengan mudah, tidak peduli dari dingin atau panas. Kulit sensitif cenderung menjadi ruam dengan mudah ketika terkena debu atau produk kulit yang lumayan kuat. Jika kulit anda mengalami hal-hal tersebut, maka kemungkinan besar Anda mempunyai kulit yang sensitif. Untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh, Anda harus mengunjungi dokter kulit.

Karena merawat kulit sensitif merupakan hal sulit, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan produk-produk perawatan kulit. Biasanya, perawatan dengan cara sederhana lebih efektif terhadap kulit sensitif karena untuk mencegah kelebihan penggunaan produk. Perawatan kulit sensitif adalah untuk menguatkan kulit agar bisa mengurangi kesensitifan dan meningkatkan toleransinya.

Bagaimana merawat kulit sensitif ?

1. Buat kulit Anda lembab

Kulit sensitif rentan terhadap udara kering yang menyebabkan meningkatnya kesensitifan. Minum air putih delapan (atau lebih) gelas sehari dan mengoleskan pelembab ringan dan menghindari penyebab alergi dalam sehari bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit atau penghalang lemak yang berperan sebagai mekanisme pertahanan melawan alergi.

2. Makan makanan yang bersahabat dengan kulit

Buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan kaya air lainnya sangat penting untuk mengembalikan keseimbangan kulit. Vitamin, mineral dan air yang terkandung dari makanan tersebut melembabkan kulit dan mengembalikan kesehatannya. Sebaliknya, makan makanan yang pedas dan minum minuman beralkohol dan yang mengandung kafein bisa menyebabkan bertambahnya kesensitifan kulit Anda.

3. Batasi terkena sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit sensitif menjadi memerah dan terbakar dengan mudah. Sebelum pergi keluar, lindungi wajah anda dengan menggunakan tabir surya pada kulit tubuh Anda. Anda bisa meningkatkan perlindungan terhadap bibir Anda untuk mencegahnya menghitam. Gunakan balsem bibir dengan SPF sebelum menggunakan lipstik, hal itu bisa melindungi bibir Anda. Payung, kacamata hitam, dan topi akan melindungi tubuh, mata, dan wajah Anda da dari paparan sinar matahari.

4. Lindungi kulit setiap waktu

Bahkan saat Anda berada di dalam ruangan, kulit Anda tetap memerlukan perlindungan. Jika Anda berada di ruangan ber-AC atau ruangan dengan pemanas, gunakan pelembab ringan secara teratur. Ini akan mencegah kulit Anda mengering karena temperatur yang ekstrem.

5. Hindari penggunaan produk dengan pewarna dan pewangi buatan

Pewarna dan pewangi ditambahkan ke produk perawatan kulit hanya untuk meningkatkan daya tarik saja. Tambahan ini tidak ada manfaatnya terhadap kulit Anda . Seringkali benda-benda tersebut bahkan menyebabkan alergi dan meningkatkan sensitifitas kulit Anda.

Selain daripada tips di atas, sangat penting juga untuk mengganti produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Pemeriksaan kulit yang menyeluruh dan berkonsultasi dengan dokter ahli kulit bisa memberikan teknik-teknik perawatan kulit dan produk-produk yang bisa membantu memperkuat kulit Anda dan mngurangi kesensitifannya.