Tentang kesehatan

Pengobatan dan Penanganan Ganglion

Tonjolan jaringan lunak non-kanker di pergelangan tangan dan tangan disebut dengan "ganglion". Ganglion umumnya tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan indikasi lebih lanjut. Banyak penderita yang tidak mengobati penyakit ini, karena mereka mengerti bahwa ganglion tidak mengancam kehidupan seperti kondisi medis serius lainnya. 


Biasanya, ganglion tidak memerlukan penanganan apapun karena

bukan merupakan tumor ganas yang dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, dan ganglion bisa hilang kapan saja. Dokter mungkin menganjurkan Anda memeriksakan kemungkinan kista untuk memastikan bahwa ganglion tidak akan menjadi parah sembari menunggu gangglion menghilang sendiri.

 

Pengobatan mungkin diperlukan bilamana ganglion:

  • Terasa nyeri. Rasa sakit menjadi lebih parah dan terpicu setiap kali pasien menggerakkan bagian yang sakit.
  • Mengakibatkan sensasi ketika menekan atau mengiritasi saraf. Akan ada sensasi menyengat pada tangan, jari, atau lengan.
  • Mengganggu gerakan. Gangglion bisa memperparah aktivitas Anda yang melibatkan genggaman atau sendi.
  • Mengenai tulang dan ligamen dari pergelangan tangan dan jari.

Dalam mengobati kista ganglion, Anda dapat melakukan bedah maupun non-bedah, tergantung pada tingkat keparahannya. Kebanyakan pasien memilih perawatan non-bedah. Ganglion bisa muncul kembali. Ganglion di pergelangan tangan mungkin dapat  mencapai angka 9 dari 10 pasien yang memilih cara non-bedah.

Cara-cara non bedah antara lain seperti:

  • Memakai dan melepaskan belat pada pergelangan tangan atau jari selama beberapa minggu. Ini cara yang baik untuk imobilisasi tangan dan pergelangan tangan sehingga sangat membantu dalam mengurangi akumulasi cairan di dalam kantung yang terbentuk karena gangglion. Belat sebaiknya tidak terlalu ketat karena dapat mempengaruhi suplai darah ke pergelangan tangan dan tangan. Waspadai setiap kondisi mati rasa, menyengat, nyeri,atau rasa dingin di daerah yang terkena karena ini berarti belat yang dipakai terlalu ketat.
  • Memijat lembut gangglion. Cairan dapat bergeser keluar dari kantung yang terbentuk karena ganglion ketika Anda sekali-sekali melakukan pijatan lembut. Jangan meletakkan benda berat atau buku-buku berat di atas kista. Jika dilakukan maka ganglion bisa muncul kembali, dan kerusakan pergelangan tangan atau patah tulang dapat terjadi.
  • Menyedot cairan dari ganglion dengan jarum. Terapi kortikosteroid juga diperlukan untuk ini. Jarum mungkin bukanlah pilihan terakhir untuk mengobati, karena faktanya kantung ganglion tidak sepenuhnya diangkat, dan menyebabkan tonjolan terjadi lagi. Selama 3-4 kali, dokter akan melakukan aspirasi cairan di dalam kantung ganglion sampai semua isi cairan disedot.

Berikut ini adalah perawatan bedah:

Jika kista ganglion kembali datang setelah dilakukan perawatan nonsurgical, maka eksklusi bedah bisa dianggap perlu. Pada eksekusi, dokter akan mengangkat kantung ganglion dan jaringan penghubung yang membiarkan zat cairan berakumulasi. Jika pinggiran dari kista ganglion tidak dipisahkan, pembentukan kista lainnya mungkin saja muncul. Kantung ganglion lainnya bisa berkembang didekat lokasi sebelumnya. Kontaminasi dan kerusakan pada jaringan-jaringan lainnya biasanya tidak terjadi, namun bisa menjadi suatu kemungkinan dari risiko pengobatan bedah.