Tentang kesehatan

Lidah Sebagai Diagnosis Penyakit

Lidah

 

Lidah  adalah organ otot yang mempunyai fungsi berhubungan dengan fungsi menelan, rasa dan berbicara. Lidah juga suatu organ tubuh yang bisa berfungsi untuk mengetahui kesehatan seseorang dan menunjukkan kondisi air di tubuh. Bisa dikatakan bahwa lidah adalah cermin darisistem pencernaan, dan gangguan fungsi lambung serta usus.

 

 

Beberapa perubahan karakteristik akan terjadi pada lidah jika kita terkena beberapa penyakit. Maka pemeriksaan pada lidah sangat penting karena akan memberi beberapa petunjuk untuk diagnosa. Semua dokter akan memeriksa lidah dan memperhatikan perubahan pada ukuran, bentuk, warna, kelembaban, lapisan, gerakan, dll.

Penampilan lidah dalam kondisi yang tidak normal:

1) Pergerakan Lidah:

2) Kelembaban lidah

Kelembaban lidah menunjukkan indikasi tentang keadaan air tubuh. Kurangnya volume air dapat menyebabkan kegagalan organ peredaran darah yang ditandai dengan kelelahan, rasa haus, kegelisahan, anoreksia, mual, muntah-muntah, lidah kering dan pecah-pecah.

Kekeringan pada lidah menunjukkan hal-hal dibawah ini:

3) Perubahan Warna Lidah

4) Lapisan pada lidah

5) Papilla.

Papilla adalah tonjolan-tonjolan kecil pada lidah yang berkaitan sebagai perasa. Ada berbagai jenis papillae pada lidah yang sehat. Dikarenakan oleh penyakit maka akan ada perubahan-perubahan sebagai berikut.

6) Borok pada lidah