Keropos Tulang; Akibat Memilih Makanan yang Bersifat Korosif

Keropos Tulang; Akibat Memilih Makanan yang Bersifat Korosifni dapat menyerang orang dimana saja. Suatu hari ketika mereka berusia 50 tahun atau lebih, dan yakin betapa hidup berjalan dengan indah, keesokan harinya mereka tersentak karena harus ke rumah sakit karena patah tulang. Hilangnya kepadatan tulang atau keroposnya tulang (osteoporosis )adalah sesuatu yang menakutkan bagi kebanyakan orang, terutama pada kaum wanita. Entah disadari atau tidak, kebiasaan pola makan yang kita lakukan tampaknya bisa menyebabkan

hal ini. Mari kita ulas satu persatu dan bila memungkinkan kita hentikan kebiasaan itu semampu kita.

Ada penelitian yang dilakukan pada para wanita yang memiliki risiko tinggi terhadap keropos tulang dalam tahap kehidupan yang pasti akan dilalui wanita - yaitu menopause. Sebagian makanan khas Amerika mengandung kadar garam yang tinggi. Di negara itu mereka mengkonsumsi garam 50 g sehari dalam makanan yang mereka konsumsi, yang merupakan dua kali jumlah yang diperbolehkan dalam diet yang sehat. Ahli diet menjelaskan bahwa setiap 23 g garam yang Anda makan, sekitar 4 g kalsium dalam tubuh Anda akan hilang. Garam yang kita konsumsi setiap hari hampir semuanya berasal dari kentang goreng, daging kalengan, pizza dan keripik. Dengan kata lain, Jika sebagian besar makanan yang Anda masak bukan berasal dari supermarket, mungkin anda tak perlu mengkhawatirkan apapun.

Minum kopi di pagi hari adalah keharusan bagi Anda, dan sekarang jika Anda memikirkannya, ternyata Anda tidak hanya minum kopi di pagi hari. Dalam secangkir kopi yang Anda minum mengandung 1 gram kafein. Dan itu cukup untuk membuat Anda kehilangan sepersekian gram kalsium tulang setiap kali Anda meminumnya. Memang sedikit, tetapi bila Anda melakukannya bertahun-tahun tulang Anda bisa keropos. Hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah beralih ke kopi susu, dan menahan diri untuk tidak meminumnya lebih dari satu atau dua cangkir.

Ada satu hal yang mungkin tidak akan Anda percayai yaitu Anda mengerti bahwa bagi wanita yang hampir berusia 55 tahun, susu adalah bagian penting dalam menu makanan. Karena susu mengandung kalsium dan vitamin A, apakah bisa disimpulkan bahwa vitamin A yang Anda konsumsi terlalu berlebihan? Mengkonsumsi vitamin secara berlebihan memang ada efeknya. Sebenarnya mudah saja bagi kita untuk menjaga asupan makanan harian yang direkomendasikan dalam diet Amerika standar. Karena adanya fakta bahwa banyak makanan yang mengandung vitamin fortifikasi, akan mudah bagi kita untuk memakannya melebihi batas yang diperbolehkan yaitu 5000 IUs perhari. Jika batas yang dianjurkan itu dilewati, vitamin A bisa membuat tulang Anda cukup rentan terserang keropos tulang. Jadi Anda harus menjaga dan mengawasi kandungan vitamin yang terkandung dalam makanan Anda.

Anda pernah mendengar cerita tentang Coca Cola dan bagaimana Coca Cola bisa melumerkan tulang, bukan ? Mungkin ini cuma teori konspirasi. Minuman bersoda mengandung asam fosfat dan zat ini membuat tulang menjadi rapuh karena tubuh akan membuang kalsium melalui air kencing. Mengurangi minum soft drink bisa disamakan dengan minum pil anti keropos tulang. Jika Anda sudah memasuki masa menopause lebih baik Anda minum jus yang diperkaya dengan vitamin D.

Jadi begitulah, sebenarnya yang membuat tulang lemah dan tipis adalah makanan yang Anda makan. Membuat sedikit perubahan bisa membawa kebaikan pada diri Anda. Tidaklah buruk untukĀ  berhenti minum minuman bersoda bila hal itu bisa membuat tulang Anda kuat?