Tentang kesehatan

Kematian Karena Jantung Berhenti Bekerja (Cardiac Arrest)

Defibrilator hati Kematian jantung mendadak(Sudden cardiac death) adalah kematian tiba-tiba yang disebabkan karena jantung berhenti menjalankan tugasnya(Cardiac Arrest). Tidak perduli apakah korban mempunyai penyakit jantung ataupun tidak. Waktu dan pola kematian tidak terduga-duga. Hal ini bisa timbul segera setelah

gejalanya muncul. Alasan paling umum seorang penderita yang meninggal secara tiba-tiba adalah penyakit jantung koroner (penyumbatan arteri yang menyuplai darah ke otot jantung).

Semua mengetahui bahwa penyakit jantung bisa menyebabkan cardiac arrest. Kebanyakan cardiac arrest yang berujung pada kematian mendadak timbul saat denyut listrik pada jantung menjadi cepat (ventricular tachycardia), kacau (ventricular fibrillation) atau keduanya. Ritme yang tidak normal (arrhythmia) ini menyebabkan jantung tiba-tiba berhenti berdetak. Beberapa cardiac arrest dikarenakan pelambatan jantung yang sangat ekstrem, yang disebut bradycardia. Bradycardia biasanya diderita oleh bayi yang lahir prematur.

Sebagian besar orang dewasa yang menjadi korban cardiac arrest dikarenakan dua atau lebih arteri koroner mengalami penyempitan/penyumbatan oleh timbunan lemak. Bekas luka dari serangan jantung yang dialami sebelumnya ditemukan pada 2/3 korban. Saat kematian mendadak ini terjadi pada lelaki muda, ketidaknormalan jantung yang lain mungkin menjadi sebabnya. Adrenalin yang dilepaskan selama kegiatan fisik atau berolahraga sering menjadi pemicu kematian mendadak jika mempunyai jantung yang tidak normal. Berada didalam kondisi tersebut, bermacam obat jantung serta obat-obatan lainnya - begitu juga dengan penyalahgunaan obat - bisa menyebabkan ketidaknormalan detak jantung yang pada akhirnya berakhir pada kematian mendadak.

Istilah 'Serangan jatung besar-besaran' seringkali salah kaprah digunakan di media untuk menyebut kematian mendadak. Istilah 'serangan jantung'  merujuk pada matinya jaringan otot jantung dikarenakan hilangnya suplai darah, tidak selalu berakhir pada cardiac arrest atau kematian. Cardiac arrest tidak sama dengan serangan jantung, tetapi cardiac arrest juga bisa terjadi karena serangan jantung.

Olahraga dan kesehatan