Penyakit Jantung Iskemik

 

joomplu:168Penyakit jantung iskemik (Ischaemic Heart Disease/IHD) adalah suatu kondisi kesehatan yang serius, penyakit jantung tersebut mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung iskemik mempengaruhi orang-orang dari setiap jenis kelamin dan ras, dan sering terjadi sebelum seseorang berumur 20 tahun serta disebabkan oleh sejumlah faktor resiko.


Penyakit jantung iskemik juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner. Dalam istilah awam, hal ini disebabkan oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah yang membawa darah dan oksigen ke jantung. Secara medis, penyakit jantung iskemik dikenal sebagai penyakit aterosklerosis dari arteri koroner epicardial karena dianggap sebagai hasil akhir dari akumulasi plak aterosklerotik di arteri koroner yang menghambat dan memperlambat suplai darah dan oksigen ke jantung. Apabila pasokan oksigen benar-benar terblokir, otot-otot jantung akan cenderung mati, mengakibatkan nyeri pada dada dan serangan jantung.

Ada sejumlah faktor yang terkait dengan penyakit jantung iskemik. Faktor-faktor yang beresiko menyebabkan penyakit jantung iskemik adalah merokok, kadar kolesterol yang tinggi dan diabetes mellitus. Beberapa penelitian lebih lanjut mengungkapkan faktor genetik dan keturunan sebagai faktor potensial lain yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung iskemik. Jadi hal ini bisa dimengerti bahwa jika keluarga anda memiliki riwayat gagal jantung, ada kecenderungan bahwa anda atau anak-anak anda dimasa depan akan menderita penyakit jantung iskemik.

Selain itu, penyakit jantung iskemik dianggap umum di kalangan laki-laki. Hal tersebut memang benar, bahwa laki-laki dikatakan lebih rentan terhadap penyakit jantung tersebut. Namun demikian, wanita yang berada pada tahap pasca-menopause dapat beresiko terkena penyakit jantung iskemik dengan tingkatan yang hampir sama dengan laki-laki. Dan, yang mungkin membuat anda terkejut, stres diyakini sebagai faktor penyebab terbesar lainnya, walaupun telah terjadi perdebatan tentang peranan stres sebagai salah satu penyebab penyakit jantung iskemik sejak dulu.

Mengenai beberapa faktor resiko penyebab penyakit jantung iskemik, penting untuk dicatat bahwa ada beberapa gejala yang memerlukan bantuan langsung dari para profesional kesehatan. Daftar yang termasuk dalam gejala-gejala tersebut adalah nyeri pada dada yang tidak berkurang dengan beristirahat, sesak napas, mual, clamminess, muntah, denyut nadi tidak teratur dan cepat, serta berkeringat. Gejala-gejala ini biasanya terjadi pada tahap lanjut dari penyakit jantung iskemik dan karena penyakit jantung iskemik adalah kondisi kesehatan yang serius, tidak diragukan lagi bahwa gejala-gejala tersebut memerlukan perawatan yang darurat.

Penyakit jantung iskemik adalah penyakit yang sangat serius sehingga dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan yang serius dan bahkan kematian mendadak. Menurut berbagai penelitian, cacat serius dalam hati akan segera mempengaruhi pasokan oksigen ke organ vital lainnya dari tubuh seperti ginjal, hati, otak dll. Ketika organ-organ tersebut terpengaruhi, jaringan mereka akan mengalami kegagalan fungsi dan mati. Hal Inilah yang mendasari alasan bahwa penyakit jantung iskemik sekarang dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu kanker pembunuh terbesar.