Penyakit Jantung Arteriosklerosis

Penyakit Jantung Arteriosklerosis

[dropcap color=blue cap=P]enyakit jantung erosis berhubungan dengan penyakit arteri koroner, yaitu penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung.

Penyakit jantung arteriosklerosis adalah sinonim untuk penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner atau[/dropcap]

penyakit arteri koroner, adalah penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Kondisi tersebut disebabkan dari akumulasi substansi lemak dan plak. Sejalan dengan penyempitan arteri koroner, aliran darah ke jantung Anda melambat atau berhenti sehingga mengakibatkan nyeri dada, atau angina, sesak nafas, atau serangan jantung.

Penyakit jantung arteriosklerosis atau penyakit jantung koroner adalah penyebab utama kematian di AS baik untuk perempuan dan laki-laki dengan cara yang sama. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung arteriosklerosis dan sebagian risiko berdasarkan pada riwayat keluarga dan yang lain-lainnya yang dapat dicegah. Faktor risiko utama penyakit jantung dapat meliputi diabetes, aktivitas fisik, menopause pada wanita, obesitas, tembakau, tekanan darah tinggi, infeksi yang menyebabkan inflamasi pada arteri, kadar kolesterol yang tinggi, dan banyak lagi.

Gejala-gejala penyakit jantung arteriosklerosis juga mirip dengan penyakit jantung koroner. Gejala-gejala pada orang dengan kondisi ini mungkin termasuk nyeri dada (angina), sesak napas, dan serangan jantung. Angina, atau nyeri seperti seperti terhimpit, adalah gejala umum dari penyakit jantung arteriosklerosis. Ini adalah akibat dari jantung Anda tidak mendapatkan cukup suplai darah yang membawa oksigen dan nutrisi lain ke jantung dan bagian tubuh lainnya yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Sesak napas terjadi ketika jantung Anda terlalu lemah untuk berfungsi karena kekurangan suplai oksigen dan nutrisi lainnya. Jika jantung Anda tidak memompa cukup darah untuk beredar ke seluruh tubuh, maka akan bermanifestasi dalam bentuk sesak napas disertai pembengkakan kaki dan pergelangan kaki. Dalam kasus yang jarang terjadi, serangan jantung adalah tanda pertama dari penyakit jantung arteriosklerosis. Ini terjadi ketika terbentuknya plak atau bekuan darah yang menghentikan aliran darah ke arteri koroner ke arah jantung. Rasa sakit yang berhubungan dengan serangan jantung seringkali berat/parah, berlangsung lebih lama dari angina, dan tidak akan mudah hilang dengan istirahat atau mengkonsumsi nitrogliserin.

Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin memiliki penyakit jantung arteriosklerosis, Anda harus segera menemui dokter. Gejala-gejala yang Anda alami akan membantu dokter untuk memutuskan apakah Anda perlu diuji untuk mendeteksi penyakit jantung. Jika memang Anda memiliki penyakit jantung, Anda akan diberikan pengobatan. Pengobatan untuk penyakit arteri koroner berbeda-beda, bergantung pada gejala dan bagaimana perkembangan penyakitnya. Perawatan yang umum dilakukan meliputi perubahan dalam gaya hidup, obat-obatan, dan pembedahan. Perubahan dalam gaya hidup akan memberi arti bahwa Anda harus memiliki diet yang baik yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol Anda, melakukan aktivitas fisik lebih banyak, dan menurunkan berat badan.

Untuk tetap sehat dan fit bukanlah suatu pengorbanan yang besar jika itu dilakukan untuk kesehatan Anda, dan sangat penting bagi Anda untuk bisa hidup lebih lama. Tidak ada yang lebih penting daripada memiliki hidup sehat dan bebas dari penyakit jantung.