Gagal Jantung

Skema jantungApabila jantung Anda melemah atau mengalami gangguan, kondisi ini dapat berujung dengan gagal jantung. Jantung yang berkondisi lemah akan semakin sulit melakukan tugasnya seiring dengan waktu. Bilik jantung akan menjadi kaku dan mengeras dan bilik jantung ini tidak akan terisi oleh darah secara sempurna pada setiap denyut jantung. Bilik jantung pun akan terus meregang hingga

darah tidak dapat mengalir pada tubuh secara efisien.

Kegagalan dalam memompa darah ke seluruh tubuh ini menyebabkan darah dan cairan tubuh terhambat di sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah ini mencakup paru-paru, kaki serta tumit. Ginjal Anda akan dipenuhi oleh air dan sodium yang berlebih. Semua kondisi ini akan menyebabkan Congestive Heart Failure (gagal jantung kongestif). Kemacetan aliran darah pada paru-paru hanya terjadi apabila pasien menderita gagal jantung sebelah kiri yang menyebabkan cairan dan darah yang tersumbat di paru-paru. Gagal jantung sebelah kanan biasanya disebabkan oleh gagal jantung kiri.

Ketika darah memenuhi sisi kiri jantung Anda, tekanan akan bertambah pada paru-paru anda dan tekanan ini akan disalurkan pada sisi kanan jantung Anda. Ini merupakan penyebab gagal jantung kanan. Apabila ini terjadi, darah dan cairan tubuh akan terhambat di daerah perut dan tubuh bagian bawah dan ini semua akan berakhir dengan gagal jantung. Gagal jantung biasanya cepat terjadi setelah serangan jantung.

Gagal jantung juga bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner yag berlangsung untuk bertahun-tahun. Katup-katup jantung yang tidak berfungsi normal juga bisa menyebabkan gagal jantung. Apabila ini yang menjadi penyebab masalah jantung Anda, operasi perbaikan katup jantung dapat mencegah Anda dari mengalami gagal jantung. Anda dapat berkonsultasi dengan seorang ahli bedah jantung mengenai operasi ini.

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab gagal jantung adalah merokok, kegemukan atau memakan makanan yang berkolesterol serta berlemak. Ini memang merupakan faktor penyebab. Tapi jangan salah, ada sebuah kondisi yang disebut Idipathic Dilated Cardiomyopathy. Kondisi ini merupakan kondisi jantung dimana jantung melemah tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini akan menyebabkan gagal jantung apabila tidak ditangani secara cepat.

Anda bisa terserang gagal jantung apabila Anda menderita kondisi jantung. Kondisi-kondisi ini akan melemahkan jantung Anda seiring dengan waktu dan dapat muncul tanpa Anda sadari.

Berikut ini merupakan deskripsi singkat dari kondisi-kondisi yang menyebabkan gagal jantung:

- Salah satu penyebab gagal jantung yang paling umum ditemui adalah penyakit arteri koroner.
Terdapat sebuah proses yang bernama atherosclerosis yang merupakan proses penumpukan lemak pada arteri. Penumpukan lemak ini (disebut juga plak) akan mempersempit arteri anda dan menyebabkan jantung anda kekurangan asupan oksigen. Apabila ini terjadi, jantung anda tidak akan memompa darah dengan baik. Serangan jantung terjadi ketika plak yang tidak stabil ini menyebabkan pengentalan darah yang menyumbat aliran darah ke daerah otot jantung. Ini merupakan salah satu penyebab utama gagal jantung.

- Terdapat beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan gagal jantung tapi untuk kali ini, kami akan membahas penyebab yang paling umum setelah penyakit arteri koroner. Tekanan darah adalah tekanan dari darah yang dipompa oleh jantung anda melalui arteri. Ketika tekanan darah Anda tinggi (hipertensi), jantung Anda harus bekerja jauh lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

Memang gagal jantung ini terdengar sangat menakutkan, tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya. Dengarkan saran dan nasihat dari dokter jantung Anda , awasi berat badan anda dan berolahragalah secara rutin. Apabila Anda melakukan ini secara teratur, kami yakin jantung Anda akan tetap sehat.