Pemulihan Sekitar Bedah Plastik

Pemulihan Sekitar Bedah Plastikemulihan sekitar bedah plastik adalah waktu yang meliputi operasi plastik dari waktu pasien keluar dari ruang operasi sampai mereka mampu melanjutkan kegiatan normal. Waktu pemulihan ini dapat bervariasi tergantung

pada operasi, jumlah prosedur yang dilakukan dan kesehatan umum pasien sebelum operasi.

Setiap orang akan menahan rasa sakit pasca-operasi dengan cara yang berbeda dan kebanyakan ahli bedah akan mempertimbangkan hal ini ketika mereka melakukan evaluasi pra-operasi dan saat meresepkan obat pasca operasi. Obat yang tepat diperlukan untuk meminimalkan ketidaknyamanan, juga mengurangi waktu pemulihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang mengalami paling sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan akan benar-benar pulih lebih cepat daripada mereka yang merasa bahwa mereka mengalami rasa sakit yang lebih besar.

Nyeri dan ketidaknyamanan adalah persepsi yang berbeda pada setiap orang dan didasarkan pada situasi pengalaman sebelum operasi, persarafan neurologis ke daerah bedah dan kemampuan orang untuk mentolerir atau merasakan nyeri.

Sebagian besar operasi kosmetik wajah memiliki ketidaknyamanan minimal sedangkan sedot lemak sedikit lebih tidak nyaman dan adominoplasty atau pembesaran payudara akan mengalami ketidaknyamanan yang sama dengan bedah caesar.

Kebanyakan orang memerlukan bantuan dalam dua hari pertama setelah prosedur, terutama jika mereka memiliki anak kecil untuk dirawat. Pemulihan sekitar operasi bedah plastik kelopak mata kurang lebih bisa bertahan dua hari dan dengan menggunakan kacamata pasien mungkin nyaman berada di luar rumah dalam 3-4 hari. Dengan riasan mereka dapat kembali bekerja dalam satu minggu. Operasi Facelift membutuhkan 10-14 hari sebelum mereka dapat kembali bekerja dan pasien pembesaran payudara mungkin dapat kembali bekerja dalam 7 hari.

Pasien bedah plastik sering menanyakan kapan mereka dapat kembali ke rutinitas olahraga seperti sebelum mereka operasi. Sekali lagi, hal ini tergantung pada jenis operasi yang dilakukan. Kebanyakan pasien didorong untuk mulai berjalan pada hari kedua  setelah operasi untuk mengurangi risiko anestesi pasca operasi. Olahraga aerobik biasa tidak diperbolehkan dalam dua minggu pertama dalam rangka mengurangi risiko perdarahan, pembengkakan dan memar. Angkat beban atau olahraga kontak harus dihindari selama minimal 1 bulan.

Sebelum periode waktu masa pemulihan, penting bagi pasien untuk mendapatkan pemahaman yang baik mengenai proses pemulihan seperti apa yang akan mereka hadapi sehingga mereka tidak akan melampaui kemampuan diri mereka sendiri dan merusak efek dari operasi. Selama periode pemulihan penting untuk mengikuti saran dari dokter Anda dengan tepat. Mengabaikan saran dari dokter Anda dapat berdampak serius terhadap hasil keseluruhan dari operasi. Dokter Anda berada dalam posisi terbaik untuk memberikan nasihat mengenai pemulihan Anda dan efeknya terhadap hasil operasi Anda.

Sebelum operasi dapatkan bantuan dari keluarga dan teman-teman. Selama periode waktu segera setelah operasi sangat penting bagi Anda untuk istirahat dan pulih. Mendapatkan dukungan dan bantuan akan meningkatkan hasil operasi.

Yang sering terabaikan dalam pemulihan sekitar operasi plastik, dampak psikologis dari operasi harus dipertimbangkan. Walaupun ada perubahan fisik yang jelas, dampak emosional dan psikologis akan lebih tidak kentara namun sama pentingnya. Sebenarnya operasi apapun akan menghasilkan berbagai emosi, mulai dari kebahagiaan hingga depresi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memiliki harapan yang realistis terhadap emosi yang mungkin Anda rasakan dan hasil yang Anda harapkan dari operasi tersebut.

Olahraga dan kesehatan