Olahraga dan Suplemen Asam Amino

Olahraga dan Suplemen Asam AminoKetika berolahraga, Anda harus berada dalam kondisi terbaik. Berlatih akan membuat Anda semakin kuat, skill bertambah, dan pada akhirnya menjadi pemain yang lebih baik dari sebelumnya. Dapatkah suplemen membantu Anda dalam proses tersebut?

Sudah banyak diskusi dan perdebatan mengenai suplemen. Berapa banyak suplemen yang harus dikonsumsi dan kapan? Suplemen hanyalah tambahan dari

makanan-makanan utama Anda. Jika zat penting yang Anda butuhkan tidak terdapat pada makanan, maka suplemen diperlukan untuk membantu Anda naik ke level selanjutnya.

Mari kita membahas olahraga terlebih dahulu. Berlatih dalam olahraga adalah sebuah keharusan. Telah ada standardisasi dalam latihan, namun perbedaan antara yang atlet terbaik dan yang terbaik kedua sangatlah dekat untuk saat ini. Butuh usaha ekstra keras untuk tetap berada di puncak performa Anda, dan jika Anda tidak melakukannya, orang lain akan segera menggantikan posisi puncak yang Anda miliki.

Hal tersebut di atas mungkin merupakan pemacu semangat yang diberikan seorang pelatih setelah kekalahan yang Anda derita. Itu artinya Anda tidak boleh kehilangan fokus dan bahkan lebih fokus lagi dalam latihan praktek yang dilakukan.

Suplemen Asam Amino

Asam amino merupakan senyawa pembentuk protein. Di dalam tubuh manusia protein sangat esensial dalam membentuk otot-otot yang kuat. Ketika bekerja, Anda sebenarnya merusak otot Anda. Inilah bagaimana tubuh membangun serabut otot yang lebih kuat. Latihan berat membuat otot mengalami trauma, jadi butuh waktu untuk memperbaiki jaringan otot tersebut. Jika jaringan telah terbentuk, serabut otot yang baru akan mampu menahan beban latihan yang lebih berat lagi.

Jadi harus diingat bahwa ada periode pemulihan antara kerja otot, terutama saat latihan berat. Latihan berat ini sendiri digunakan hampir di segala macam olahraga untuk membentuk otot yang kuat, yang mampu tahan ketika harus berlari, berenang, melompat, ataupun menendang dalam waktu yang cukup lama.

Tubuh manusia membutuhkan dua puluh asam amino untuk sintesa protein. Delapan jenis asam amino esensial dan dua belas non-esensial. Maksud non-esensial ialah asam-asam amino ini dapat diproduksi oleh tubuh kapan pun dibutuhkan. Delapan asam amino esensial didapatkan dari makanan yang kita makan. Ketika kita tidak mendapatkannya dalam makanan kita, otot-otot akan merasa kehilangan elemen penting. Akibatnya otot akan cepat merasakan sakit dan rentan terhadap cedera.

Suplemen adalah jalan satu-satunya cara untuk mendapatkan kadar asam amino esensial secara optimal. Cara terbaik untuk mengkonsumsi suplemen asam amino ialah dengan menemukan satu suplemen yang berisi semua jenis asam amino tersebut. Mereka dapat mengurangi waktu pemulihan Anda dari kerja berat, yang berarti Anda dapat segera terlibat dalam pekerjaan berat lagi lebih cepat dari sebelumnya.

Tipe Asam Amino

Berikut ini merupakan beberapa jenis suplemen yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa Anda dalam berolahraga.

  • Creatine

Suplemen ini dibuat dari tiga asam amino: arginine, glycine dan methionine. Protein ini berfungsi mencegah kegemukan, jadi Anda tidak akan mengalami berat tubuh yang berlebih. Digunakan untuk meningkatkan tenaga atau kekuatan.

  • Branched-Chain Amino Acids

Suplemen ini termasuk leucine, isoleucine dan valine. Kegunaannya yaitu meningkatkan sintesa protein sehingga Anda dapat berlatih lebih sering.

  • Glutamine

Asam amino ini yang paling banyak terdapat di tubuh manusia. Berfungsi untuk mencegah Anda berlatih secara berlebihan, meningkatkan imunitas, dan mencegah kerusakan otot.

Sebelum mengonsumsi suplemen, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Sebab untuk meningkatkan performa, mungkin saja ada perubahan pola makanan yang harus Anda lakukan daripada menggunakan suplemen.

Olahraga dan kesehatan