Obat Rumahan Terbaik untuk Mengobati Otitis Eksterna (Swimmers Ear)

Obat Rumahan Terbaik untuk Mengobati Otitis Eksterna (Swimmers Ear)titis Eksterna biasa disebut Swimmer’s Ear. Penyakit ini berupa kondisi terbakar pada telinga bagian luar dan liang telinga yang bisa menyebabkan sakit telinga yang buruk. Swimmer’s Ear adalah bentuk yang paling umum dari sakit telinga dan diberi nama seperti itu karena

orang - orang sering menderitanya setelah berenang dan disebabkan oleh kelembapan berlebih yang tersisa di dalam telinga.

Meskipun penyakit ini sering muncul setelah berenang, Hal tersebut bukan penyebab utamanya dan jika kondisi penyebab penyakit ini terpenuhi, siapa saja bisa menderita Swimmer’s Ear. Beberapa orang bisa rentan terkena Swimmer’s Ear dan dapat menghabiskan sebagian besar uangnya untuk mengunjungi dokter dan membayar pengobatannya setiap kali infeksi terjadi.

Mereka yang rentan terhadap Swimmer’s Ear, atau memiliki anak yang memiliki kecenderungan pada penyakit ini, akan sering mencari obat - obat rumahan yang mungkin membantu mereka menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi atau bahkan dapat menyembuhkan infeksi secara keseluruhan. Terdapat beberapa obat rumahan yang berbeda yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi telinga, namun hasilnya akan tergantung oleh besarnya tingkat infeksi dan beberapa obat hanya bekerja lebih baik pada beberapa orang dibanding yang lain.

Meskipun obat - obat rumahan bisa cukup efektif untuk mengobati infeksi telinga, jika rasa sakitnya parah Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapat diagnosis yang jelas dan untuk memastikan bahwa tidak ada apapun yang serius. Jika Anda sering menderita Swimmer’s Ear maka Anda akan mengetahui gejala - gejalanya dan mungkin dapat mengobatinya dengan obat - obat rumahan jika Anda mengetahuinya lebih cepat.

Jika Anda berpengalaman dengan infeksi telinga maka Anda akan mengetahui apa yang mereka rasakan dan apakah penyakit mereka cukup parah sehingga perlu mengunjungi dokter atau apakah Anda bisa mengobatinya dengan obat – obat rumahan.

Obat - obatan rumahan untuk mengobati Swimmer’s Ear seringkali bisa dibuat dengan beberapa bahan  yang Anda miliki di dapur rumah Anda. Satu pengobatan yang efektif adalah menggosok beberapa tetes alkohol di atas bagian telinga yang sakit, hal ini dapat membantu menghentikan infeksi untuk tidak menjadi lebih parah. Cukup miringkan kepala Anda ke samping dan masukkan tidak lebih dari dua tetes ke dalam telinga Anda. Anda bisa menggosok dengan lembut telinga Anda atau menggerakkan kepala Anda untuk membiarkan alkohol tersebut mengalir mengelilingi liang telinga Anda. Biarkan proses ini selama beberapa menit dan kemudian bilas telinga Anda dengan air hangat.

Metode yang mirip dengan metode di atas adalah dengan menggunakan air dan cuka. Satu campuran setengah air dan setengah cuka akan membantu Anda membunuh bakteri di dalam telinga. Cukup masukkan beberapa tetes menggunakan teknik yang sama seperti di atas dan Anda kadang dapat melihat hasil yang cukup cepat dengan pengobatan ini.

Pencegahan seringkali lebih baik daripada pengobatan dan dalam beberapa kasus Swimmer’s Ear, penyakit ini dapat dicegah dengan menggunakan penutup telinga (ear plug) ketika berenang. Cara lainnya untuk mencegah Swimmer’s Ear adalah dengan mengeringkan telinga Anda dengan lembut menggunakan pengering rambut, cukup dengan mengeringkan seluruh bagian yang mengalami kelembapan berlebih setelah berenang. Pastikan untuk menjaga pengering rambut dalam posisi yang cukup dingin dan tidak perlui mendekatkannya sampai terlalu dekat ke telinga.

Jika Anda sering menderita Swimmer’s Ear maka cobalah langkah - langkah untuk menjaga telinga Anda tetap kering dan hentikan perkembangan infeksi.

Olahraga dan kesehatan