Memaksimalkan Kondisi Fisik Melalui Latihan Perlawanan Metabolisme

Memaksimalkan Kondisi Fisik Melalui Latihan Perlawanan Metabolismeengontrol berat badan adalah hal yang sangat penting, karena obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes. Banyak orang telah mencoba berbagai macam latihan aerobik yang dilakukan secara rutin seperti aerobik, joging, bersepeda, dan

yang lainnya untuk menurunkan berat badan mereka. Beberapa orang yang lainnya melakukan latihan yang keras seperti body building (pembentukan tubuh) atau angkat beban untuk membentuk tubuh secara tegap dan lebih kuat. Secara jelasnya, terdapat pendekatan lebih baik yang memungkinkan proses pembakaran kalori saat latihan aerobik dan menambah kekuatan saat melakukan angkat beban. Rutinitas ini disebut sebagai latihan perlawanan metabolisme karena meningkatkan metabolisme secara cepat untuk membantu Anda menurunkan berat ataupun membentuk otot.

Latihan perlawanan metabolik adalah percampuran dari latihan tubuh secara keseluruhan yang menantang kelompok otot-otot untuk beraksi. Latihan ini lebih menarik daripada latihan aerobik karena beberapa gerakannya dilakukan dengan memberi tantangan untuk tubuh secara konstan untuk mengatur yang mana yang dapat meningkatkan pertumbuhan. Pada kenyataannya, menggunakan kelompok otot-otot besar untuk melakukan latihan dapat menyebabkan  peningkatan metabolisme yang mengakibatkan penurunan berat badan. Melakukan latihan terisolasi pada beberapa bagian tubuh tertentu tidaklah buruk, tetapi dengan menggunakan berbagai kelompok otot besar akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Contoh latihan yang klasik adalah dengan melakukan barbell squat daripada melakukan leg press berulang. Ketika Anda jongkok, paha belakang Anda akan dimanfaatkan untuk mendorong berat pada bahu Anda. Selain otot-otot kaki, punggung menjadi lebih kuat pada akhirnya, karena digunakan untuk membawa beban.

Sebuah contoh latihan perlawanan metabolik yang baik adalah mengayunkan kettlebell. Mengayun Kettlebell mengharuskan pengguna mencapai dua hal penting yaitu stabilitas dan kekuatan sambil mengayunkan objek yang melibatkan otot-otot besar. Tetapi itu merupakan suatu bentuk latihan perlawanan metabolik karena hamstring, glutes dan punggung Anda harus mendapatkan cukup kekuatan untuk mengayunkan bel. Bahkan untuk jangka waktu singkat, dengan mengayun kettlebell Anda seperti latihan yang setara dengan menjalankan trek lengkap. Juga, latihan perlawanan metabolik memberi tenaga yang dapat membangun kondisi tubuh Anda. Periode waktu istirahat kurang dari satu menit diantara latihan perlawanan metabolik secara rutin membantu Anda membangun daya tahan Kardiovaskular. Singkatnya Olahraga latihan perlawanan metabolik memberikan dua tujuan kebugaran yang sangat penting, yaitu kekuatan dan daya tahan. Bahkan, tubuh Anda akan terus membakar lemak seperti membangun otot walaupun Anda sedang beristirahat, hasilnya latihlah tubuh dengan kekuatan yang lebih.

Olahraga dan kesehatan