Tentang kesehatan

Latihan Fisik Terbaik untuk Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan

Diet bukanlah satu-satunya pilihan dalam menurunkan berat badan dan kenyataanya, diet akan sangat lebih efektif bila digabungkan dengan latihan fisik untuk menurunkan berat badan dan juga untuk mempertahankan berat badan tersebut. Penting untuk memperhatikan asupan kalori dan latihan fisik untuk membakar kelebihan asupan kalori. Untuk hasil penurunan berat badan terbaik,

Anda harus menargetkan penurunan berat badan sekitar setengah kilogram setiap minggunya.

Tetapi latihan fisik seperti apa yang terbaik bagi penurunan berat badan? Ada pilihan untuk menjadi anggota di sebuah gym dengan harapan dapat menurunkan berat badan dan menjadi bugar, namun kebanyakan orang kemudian akan kehilangan motivasi untuk pergi ke gym, terutama bila mereka pergi sendirian.

Ketika Anda melakukan latihan untuk menurunkan berat badan, penting sekali untuk selalu termotivasi, karenanya Anda tidak perlu melakukan latihan yang Anda tidak sukai agar Anda tidak cepat kehilangan motivasi. Bila Anda merasa tidak nyaman pergi ke gym, maka jangan pergi ke gym karena Anda tidak akan menikmati latihan Anda dan Anda tidak akan memiliki motivasi.

Bila Anda suka joging, maka joginglah di taman setiap hari. Bila Anda suka seni bela diri, maka bergabunglah dengan kelas seni bela diri. Anda akan meningkatkan kemungkinan untuk tetap melakukan rutinitas latihan fisik bila Anda menikmatinya.

Ketika Anda mempertimbangkan jenis latihan fisik yang akan Anda lakukan, Anda sebaiknya menyadari kalau ada dua jenis latihan fisik dan Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik bila Anda dapat menggabungkannya.

Pertama-tama, ada yang dinamakan latihan aerobik, yaitu latihan tinggi kardio karena latihan ini meningkatkan denyut jantung dan kadar asupan oksigen. Karena peningkatan ini, tubuh membakar lebih banyak kalori untuk mencoba mengkompensasi kebutuhan energi yang meningkat. Latihan fisik yang termasuk aerobik adalah basket, joging, berjalan, bersepeda, berenang, dan sepakbola. Latihan kardio sangat baik untuk membakar kalori, namun bahkan dapat lebih baik lagi bila digabungkan dengan latihan beban/kekuatan.

Latihan beban atau resistensi bekerja melalui cara yang berbeda dibandingkan dengan latihan aerobik. Latihan beban tidak meningkatkan denyut jantung, melainkan membangun massa otot melalui penggunaan energi yang besar dalam waktu singkat. Latihan yang termasuk ke dalam latihan beban adalah angkat beban, sit-up, push-up, squat dan latihan menggunakan resistance band.

Jenis program latihan penurunan berat badan terbaik adalah yang menggabungkan latihan aerobik dan latihan beban. Suatu rutinitas latihan kombinasi dapat terdiri atas 10 detik latihan di cross-trainer, kemudian dilanjutkan 30 detik push-up. Ulangi siklus ini sekitar 30 menit. Pada dasarnya adalah gabungan latihan aerobik singkat berenergi tinggi diikuti dengan latihan beban berenergi tinggi yang sedikit agak lama.

Ada beberapa pilihan berbeda yang dapat dipilih bila ingin melakukan rutinitas latihan kombinasi. Anda perlu mempertimbangkan tingkat kebugaran Anda saat ini sebelum memilih latihan yang akan Anda jalani.

Bagi beberapa orang, suatu rutinitas latihan kombinasi mungkin tidak disarankan, sehingga mereka dapat memilih untuk berjalan kaki 30 menit sehari sebagai gantinya. Dimulai dengan berjalan kaki santai setiap hari dan kemudian meningkatkan intensitasnya mengikuti peningkatan kebugaran tubuh mereka merupakan cara yang terbaik. Setelah kebugarannya meningkat, maka mereka dapat mencoba beberapa latihan aerobik dan beban.

Ketika Anda menggabungkan latihan aerobik dan beban, Anda akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan hanya melakukan latihan aerobik saja. Jenis latihannya bergantung pada latihan mana yang cocok dengan Anda dan gaya hidup Anda, namun ingatlah bahwa dengan memilih rutinitas latihan kombinasi, Anda berada di jalur yang tepat menuju target berat badan yang Anda inginkan.

 

Olahraga dan kesehatan