Tentang kesehatan

Latihan Beban di Usia 40 Tahun Keatas

Latihan Beban di Usia 40 Tahun Keatasanyak yang percaya bahwa angkat berat di usia 40 tahun keatas adalah hampir mustahil dan binaraga hanyalah impian. Mereka adalah orang-orang yang belum pernah melakukannya dan tidak punya niat untuk mendorong diri mereka sendiri untuk

mengetahui batasan tentang kegagalan otot dan sesi latihan daya tahan yang lama.

Angkat berat di usia lebih dari 40 tahun adalah kenyataan, baik bagi mereka yang belum pernah latihan angkat berat atau bagi mereka yang telah melakukannya sejak mereka berumur 15 tahun. Apakah sedikit lebih sulit untuk melakukannya? Semua hal akan menjadi lebih sulit saat usia Anda sudah 40 tahun lebih. Lebih sulit untuk mempertahankan pola makan yang bergizi karena adanya penyebab-penyebab stres dalam hidup kita, sulit untuk menurunkan berat badan karena metabolisme tubuh kita yang melambat, dan sekarang, juga sulit untuk membangun otot dengan alasan yang sama. Tetapi hal itu bukannya tidak mungkin .

Saat umur kita bertambah tua, kemampuan tubuh kita untuk menumbuhkan otot juga melambat, tetapi tidak berhenti. Motivasi dan olahraga dalam jumlah yang cukup akan membuat seorang atlet dapat mempertahankan bentuk tubuhnya, tetapi mereka yang menginginkan pertumbuhan otot yang progresif harus melatihnya dengan agresif tetapi harus tetap masuk akal.

Atlet angkat berat yang berusia lebih dari 40 tahun seharusnya tidak boleh ditakut-takuti dengan kata-kata atau oleh mereka yang berusia lebih muda saat mereka berada di pusat kebugaran. Hal ini akan meruntuhkan semangat sebelum Anda mencapai usia 41 tahun. Dan mereka yang berusia di bawahnya diam-diam akan bertanya-tanya apakah mereka akan tetap tabah untuk berada di gym saat mereka berusia 40 tahun nanti!

Sama dengan program yang lain, Anda harus melakukan medical check up terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda cukup sehat untuk melakukan latihan beban yang ketat ini. Dokter akan dapat menemukan apakah Anda memiliki masalah kesehatan atau tidak yang dapat menyebabkan terjadinya dampak yang buruk terhadap kebiasan baru Anda tersebut.

Setelah Anda mulai membentuk otot-otot, harus ada suatu saat di mana Anda harus menghentikan kegiatan Anda sebentar, seperti saat sedang sakit atau liburan keluarga. Secara medis, Anda akan kehilangan otot untuk setiap harinya saat Anda benar-benar tidak aktif. Namun, karena Anda tidak aktif hilangnya otot yang dapat Anda lihat akan tergantung pada kualitas dan kuantitas otot Anda, serta latar belakang genetik Anda.

Jumlah hilangnya otot dapat diperkecil bila Anda melatihnya dengan konsisten atau melakukan sedikit olahraga, meskipun Anda hanya berolahraga sebentar setiap minggu. Hanya membutuhkan sedikit waktu dan energi untuk mempertahankan otot dibanding saat Anda mendapatkannya. Jadi pertahankanlah selagi Anda masih bisa melakukannya.

Sama seperti kelompok usia lainnya, angkat berat di usia lebih dari 40 tahun membutuhkan penambahan protein dalam diet. Binaragawan dan atlet angkat besi banyak yang menggunakan protein aditif atau suplemen. Namun, metabolisme pada orang yang berumur 40 tahun tidak sama dengan anak-anak sehingga asupan kalori harus diperhatikan dengan seksama. Anda dapat memperoleh protein, asam amino dan asam lemak penting dari makanan bergizi yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi, tepung putih atau lemak yang jahat. Makanlah dalam jumlah yang besar jika Anda mampu melatih otot dalam intensitas yang besar pula untuk membangun dan memperbaiki otot Anda.

Angkat berat di usia 40 tahun lebih tampaknya seperti pengembangan keterampilan pribadi, tetapi ada orang yang berkompetisi sebagai binaragawan saat mereka sudah berumur 70-an. Tubuh masih bisa tumbuh sampai usia 50-an, jadi memulainya di usia 40 tahun tidak terlambat.

Untuk melakukan angkat berat di usia lebih dari 40 tahun Anda harus bertindak seperti anak kecil tapi berpikir dengan otak orang dewasa. Bangkitkan keingintahuan Anda tentang pembelajaran dan lakukan aktivitasnya dengan semangat bermain-main. Bersenang-senanglah, cari seorang guru yang baik dan percayalah pada usaha Anda. Tetapi jangan terlalu memaksakan diri yang bisa membuat Anda cedera! Anda dapat memulai program latihan Anda dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah Anda untuk mengembangkan dasar latihan kardiovaskular yang baik. Saat Anda sudah melangkah lebih jauh, Anda dapat melakukan jogging. Praktekkan pola makan yang cerdas dan beristirahatlah dengan cukup.

Setelah latihan kardiovaskuler menjadi lebih mudah dijalani Anda bisa bergabung dengan pusat kebugaran dan mencari seorang pelatih pribadi. Angkat berat tanpa pengawasan sering menyebabkan cedera dan nyeri otot. Angkat berat membutuhkan upaya dan pengetahuan yang terpadu. Ikuti saran-saran dari pelatih pribadi Anda dan pelajari bagaimana cara mengangkat beban dengan benar sebelum Anda mengangkat beban yang lebih berat.

Ketika Anda memulai latihan, Anda tidak boleh mengabaikan setiap bagian tubuh Anda, termasuk motivasi psikologis Anda. Di pusat kebugaran, Anda mungkin ingin memulai latihan dengan kaki karena adanya jumlah massa otot yang besar di area ini. Hal ini akan membantu mengalirkan lebih banyak darah melalui sistem tubuh Anda dan Anda akan tumbuh dan merespon sesuatu dengan tepat. Lakukan latihan untuk membentuk tubuh bagian atas dengan baik dan Anda akan senang dengan hasilnya.

Tetapi jangan mengabaikan motivasi Anda, yang berasal dari alasan 'mengapa' Anda melakukan latihan beban di usia lebih dari 40 tahun ini. Catat dan ingatlah selalu alasan Anda tersebut ketika Anda mulai lelah, dan ketika otot-otot Anda dilatih sampai letih di gym. Ingatlah juga alasan Anda tersebut ketika Anda melewatkan hidangan penutup dan meninggalkan kebiasaan minum bir bersama teman-teman. Dan ingatlah juga alasan 'mengapa' tersebut ketika Anda menyalip teman Anda yang dengan susah payah menaiki tangga untuk menuju ke lantai atas.

Olahraga dan kesehatan