Perlindungan Antioksidan

Perlindungan Antioksidanerlindungan antioksidan adalah cara yang baik untuk melindungi tubuh Anda melawan radikal bebas. Sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu radikal bebas dan apa yang dapat dilakukan olehnya serta dimana kita dapat menemukan perlindungan antioksidan. Jadi mari kita mulai terlebih dulu dengan radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif di dalam tubuh kita yang

dapat menyebabkan kerusakan pada otak, sistem saraf, dan jaringan lain. Untungnya tubuh kita memiliki beberapa cara untuk melumpuhkan radikal bebas.

Kerusakan radikal bebas terjadi ketika radikal bebas merusak sel dan membunuh sel tersebut. Dengan membunuh cukup banyak sel, berarti juga dapat membunuh seluruh organisme. Banyaknya sel yang mati dapat menyebabkan terjadinya penyakit. Kerusakan sel ini juga terkait dengan penuaan.

Misalnya, jika kulit Anda terkena sinar matahari atau berjemur di bawah sinar matahari secara terus-menerus, kulit Anda akan lebih cepat rusak yang disebabkan karena kerusakan radikal bebas. Hal yang sama juga berlaku apabila Anda merokok. Menghisap rokok, pipa dan cerutu akan merusak kulit lebih cepat dan akhirnya dapat membuat Anda tampak lebih tua dari yang sebenarnya.

Perlindungan antioksidan adalah salah satu cara agar tubuh Anda dapat melindungi Anda untuk melawan kerusakan radikal bebas. Kabar baiknya, antioksidan dapat ditemukan secara berlimpah di alam dan makanan alami. Kabar buruknya, kebanyakan dari kita tidak mengonsumsi makanan alami, buah-buahan dan sayuran.

Tes darah di masa lalu tidak dapat sepenuhnya mengevaluasi apakah tubuh kita menggunakan perlindungan antioksidan terhadap radikal bebas atau tidak. Para ilmuwan tahu bahwa antioksidan dapat melindungi kita dari radikal bebas dalam tabung reaksi, namun antioksidan tersebut tampaknya menghilang di dalam tubuh. Dalam tes di masa sekarang, para peneliti dapat menemukannya di dalam plasma.

Kuncinya adalah adanya keseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan di dalam tubuh untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan dapat berasal dari dalam tubuh atau makanan yang kita makan. Jika antioksidan tidak diproduksi dalam jumlah yang seimbang dengan jumlah radikal bebas yang dihasilkan, maka kita harus mengonsumsi lebih banyak perlindungan antioksidan.

Perlindungan antioksidan berasal dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, Zinc, Magnesium, Tembaga, Karotenoid dan flavonoid. Jika perlindungan tersebut berasal dari vitamin dan mineral, maka dari mana kerusakan tersebut berasal? Radikal bebas dapat dihasilkan dari dalam tubuh ketika kita sedang stres, menghisap rokok, terkena radiasi sinar matahari (karena berjemur secara terus menerus), dan makanan yang mengandung logam berat.

Jika Anda merasa makanan yang Anda konsumsi tidak cukup beragam atau Anda memiliki kebiasaan makan yang buruk, sebaiknya Anda juga mengonsumsi multivitamin yang banyak mengandung vitamin dan mineral untuk perlindungan antioksidan. Sayangnya tubuh tidak menyerap vitamin yang berasal dari suplemen dengan cara yang sama seperti ketika tubuh mengambilnya dari makanan. Tetapi jika makanan Anda tidak mencukupi maka Anda harus mengambilnya dari tempat lain, yaitu dengan mengonsumsi suplemen.

Ingat, lebih mudah untuk mencegah suatu penyakit daripada mengobatinya. Menggunakan antioksidan dengan tepat akan membantu Anda untuk mencegah penyakit seperti penyakit jantung, demensia degeneratif, dan Alzheimer.

Jadi untuk mencegah kerusakan radikal bebas Anda harus menerapkan pola makan yang baik dan mengonsumsi suplemen jika diperlukan. Jangan berjemur secara terus menerus, merokok, dan minum minuman beralkohol. Gunakan teknik manajemen stres yang baik untuk mengurangi dan mengelola stres yang terjadi dalam kehidupan Anda.