Pengaruh Seafood terhadap Tingkat Kolesterol

akanan yang kita makan membuat perbedaan pada apa yang kita rasakan dan bagaimana proses pada tubuh Anda. Salah satu makanan yang sering tidak dimengerti tentang kandungan kolesterolnya adalah seafood (hidangan laut). Tetaplah selalu membaca untuk mempelajari bagaimana tingkat tubuh Anda terpengaruh dengan makan makanan dari laut.

Kolesterol pada jumlah tertentu diperlukan tubuh untuk membantu keutuhan selaput sel.

selaput sel perlu tetap bersifat menyerap untuk beberapa zat yang bermanfaat untuk sel dan juga bagian tubuh yang lain.

Kenyataan Kolesterol

Ada 3 hal yang menyusun kolesterol total, yaitu: LDL, HDL dan trigliserida. Jumlah HDL mewakili "kolesterol yang baik". Jenis ini menjaga dinding pembuluh tetap halus sehingga plak tidak lengket dan menurunkan ukuran pembuluh darah.

[inset side=right]trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan terbentuknya plak.[/inset]
Tingkatan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan terbentuknya plak. Trigliserida adalah lemak pada darah yang bisa berada pada tingkat yang lebih rendah tetapi pada jumlah yang banyak dapat membuat pembuluh darah tersumbat. Hal ini akan meningkatkan resiko penyakit stroke dan serangan jantung.

Kesalahpahaman Seafood

Makanan laut seperti lobster, udang, ikan dan kepiting adalah makanan yang gurih dan manis. Banyak orang menghindari makanan tersebut, karena mereka berpikir bahwa akan meningkatkan tingkat kolesterol mereka. Ada jawaban yang menyenangkan dari pertanyaan ini. Anda dapat makan makanan laut tanpa meningkatkan tingkat kolesterol Anda secara berarti.

Pada kenyataannya, seafood mengandung kolesterol tetapi merupakan jenis kolesterol yang bermanfaat untuk Anda. ALA, asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan dan makanan laut yang lain. Tubuh menggunakan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi stroke, dan membantu perkembangan sistem saraf.

Berikut adalah jenis makanan laut yang baik untuk tubuh Anda.

 

  • Udang - tidak akan meningkatkan kolesterol Anda. Jika tingkat kolesterol Anda normal, maka kolesterol Anda akan tetap stabil.
  • Kepiting dan kerang - Bekerja untuk menurunkan tingkat LDL dalam darah.
  • Kerang dan tiram - Menurunkan LDL dan juga meningkatkan HDL untuk menambah kolesterol yang baik bagi tubuh.
  • Ikan - meningkatkan tingkat HDL.

Takaran Makan

Seperti makanan yang lain, makan dengan takaran yang cukup lebih baik dari pada makan makanan secara berlebihan. Makan 2 atau 3 porsi seafood dapat diganti ketika makanan lain seperti saus dan mentega disajikan. Makanan ini akan meningkatkan jumlah asam lemak omega-6 yang dikenal untuk membantu meningkatkan simpanan kolesterol LDL. Cobalah cara sehat untuk menyiapkan manfaat lebih yang didapat dari asam lemak omega-3.

Apakah Anda suka makan makanan laut? Maka makanlah. Sebenarnya dengan mengonsumsi seafood akan membantu tingkat kolesterol Anda. Tetapi ingatlah untuk membatasi sumber kolesterol lain ketika Anda diperkenalkan makanan laut untuk diet Anda.

Olahraga dan kesehatan