Pemanis Buatan : Mengapa Kita Harus Menjauhinya

Pemanis Buatan : Mengapa Kita Harus Menjauhinyaaat ini, ada tren untuk hidup lebih sehat. Namun, beberapa pilihan yang ditawarkan bukanlah sesuatu yang menyehatkan. Disini, kita akan mendiskusikan tentang pemanis buatan dan

mengapa ini tidak baik seperti yang terlihat bagi tubuh.

Apakah pemanis buatan itu?

Pemanis buatan adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai pengganti gula pada makanan, minuman ringan, permen, kue, cemilan dan biskuit. Pemanis buatan bebas lemak dan terasa manis. Bahkan beberapa diantaranya tiga atau empat kali lebih manis dibandingkan gula.

Apa yang tidak selalu diketahui tentang pemanis buatan adalah bahan ini dibuat di laboratorium menggunakan proses kimia. Beberapa diantaranya menggunakan bahan sangat beracun yang dapat masih tertinggal di dalam produk akhirnya. Karena prosesnya tersebut, ada efek samping bila memakai pemanis buatan dalam jangka panjang. Sebagai contoh, penggunaan jangka panjang NutraSweet (aspartam), kemungkinan akan memberikan efek samping berupa sakit kepala, seizure, sakit dada, halusinasi, dan bahkan tumor. Tumor telah diperlihatkan pada percobaan hewan laboratorium.

 

Pemanis buatan lainnya yang sebaiknya Anda hindari adalah Splenda (sukralosa). Kemungkinan dibuat dari gula. Splenda berpotensi membuat pembesaran ginjal, pusing kepala, kemerahan, berkeringat di malam hari, bertambahnya berat badan, dan mual.

Mengkonsumsi semua pemanis buatan ini di minuman, camilan, dan menambahkannya ke dalam makanan akan membahayakan tubuh Anda. Hilangkan sebanyak mungkin pemanis buatan dari makanan Anda.

Bagaimana pemanis buatan bekerja di dalam tubuh Anda

Berikut ini adalah fakta mengejutkan lainnya tentang pemanis buatan. Tubuh akan mendapatkan rasa manis di lidah saat Anda makan atau minum sesuatu yang mengandung pemanis buatan. Lidah menyangka itu gula tetapi yang didapatnya adalah pengganti gula. Tubuh tidak menganggapnya sebagai gula sehingga ia terus meminta untuk mendapatkan rasa manis.

Siklus ini dapat membuat tubuh ingin makan lebih banyak makanan yang mengandung pengganti gula ini guna memuaskan keinginannya terhadap rasa manis, sehingga yang terjadi adalah Anda menambah asupan kalori lebih banyak dan berat badan bertambah bila ini di luar kendali. Jadi, mengkonsumsi camilan bebas-gula tidak selalu berarti bebas-kalori. Anda dapat lebih membahayakan tubuh Anda.

Kembali ke Gula

Bagaimana dengan gula? Gula telah dianggap buruk akhir-akhir ini. Ya, gula itu manis dan mengandung kalori, tetapi dengan asupan yang terkendali ini bukanlah masalah. Kenyataannya, kebanyakan pemanis buatan lebih manis dari gula. Dengan menggunakan gula, Anda beradaptasi terhadap rasa manis yang lebih ringan dan dapat Anda rasakan di dalam makanan tanpa perlu meminta tambahan.

Selalu pilihlah makanan yang tidak manis sehingga Anda dapat mengukur jumlah gula yang akan Anda tambahkan, bila sekiranya Anda perlu menambahkannya. Alami biasanya lebih baik bagi tubuh karena tubuh terbiasa memprosesnya.

Apakah Anda menggunakan pemanis buatan? Pemanis buatan tidaklah sebaik yang dilihat. Bacalah tentang beberapa efek sampingnya dan bagaimana Anda bisa mendapatkan rasa manis namun dengan cara yang lebih alami.

Olahraga dan kesehatan