Menambah Asupan Lemak Sehat Selama Musim Dingin

Menambah Asupan Lemak Sehat Selama Musim DinginMusim dingin merupakan tahun dimana alam berhibernasi. Alam membersihkan dirinya untuk memulai segalanya ketika musim semi. Kita tentu dapat mengambil makna dari alam dengan tetap menjaga kesehatan selama musim dingin.

Musim dingin merupakan satu waktu dalam setahun dimana Anda tidak perlu khawatir terhadap baju renang maupun

menggunakan celana pendek. Anda dapat menutupinya dengan baju hangat dan celana panjang serta hal tersebut sangat dapat diterima. Tidak akan ada yang dapat melihat tubuh Anda dengan baik hingga musim semi tiba jadi Anda dapat makan apa yang Anda inginkan, benar? Tidak!

 

Sangatlah mudah untuk metabolisme tubuh melemah selama musim dingin dikarenakan kita bergerak perlahan. Ketika Anda makan namun tidak melakukan banyak aktivitas, metabolisme tubuh meningkat. Hal ini sama ketika Anda menjauhkan diri dari makanan ketika sedang melakukan diet. Tubuh Anda akan menyimpan banyak sekali lemak karena tubuh tidak yakin kapan makanan berikutnya akan dikonsumsi.

Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada diri Anda selama musim dingin. Malah, Anda akan mencari cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan tetap sehat. Selama musim dingin kita akan merayakan banyak hari libur yang terpusat kepada makanan. Hal ini tentu saja mendekatkan kita kepada makanan tinggi lemak, makanan penutup penuh kalori dan berakhir dengan duduk di depan televisi.

Karena itu, cobalah untuk mengimbangkan lemak sehat kedalam menu makanan Anda pada musim dingin. Jika Anda merupakan pemerhati kesehatan, mungkin bertanya mengapa harus lemak. Jadi, lemak merupakan bagian dari pembentuk tubuh tepat di bawah sel. Tubuh membutuhkan sejumlah lemak untuk menciptakan membran sel, membentuk hormon-hormon tertentu serta untuk menjaga organ dari luka.

Banyak dari lemak sehat yang kita perlukan tidak diproduksi oleh tubuh. Mereka harus didapatkan dari makanan. Lemak baik tersebut tidaklah seperti lemak yang sering kita lihat tersimpan di dalam tubuh. Kebanyakan lemak tersebut didapatkan ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan tidak menggunakan energi yang cukup untuk menggunakan lemak tersebut. Maka mereka tersimpan dan bertambah ke dalam lemak tubuh kita.

Jadi, apakah lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh kita? Salah satu yang sering kita dengar yaitu omega-3. Omega-3 merupakan instrumen penting didalam kesehatan jantung dan membangun sel yang rusak. Anda dapat memperoleh omega-3 dari suplemen tetapi tentu lebih baik apabila Anda mendapatkannya dari makanan.

Sumber Makanan

Dimulai dengan makanan laut atau ikan. Daging mengandung lemak namun kebanyakan dari mereka merupakan lemak jenuh dan omega-6 yang tentu tidak sesehat omega-3. Cobalah salmon, makarel, udang, dan jenis ikan lainnya. Sayuran juga merupakan sumber omega-3 yang baik. Cobalah kacang kedelai dan sayuran hijau seperti kubis dan yang lainnya. Mengkombinasi sayuran seperti diatas dengan ikan juga akan menambah asupan dari lemak sehat ke tubuh Anda.

Minyak juga merupakan sumber lainnya yang baik. Cobalah minyak walnut, minyak kacang kedelai dan minyak jagung. Biji-bijian yang digunakan sebagai minyak tersebut juga amat baik untuk dikonsumsi. Anda dapat menambahkan biji-bijian tersebut ke salad, dan juga sebagai tambahan untuk makanan sampingan.

Lemak sangat penting bagi tubuh kita dalam porsi dan cara yang tepat. Tanpa lemak, tubuh tidak dapat menciptakan hormon dan menjaga integritas sel.

Olahraga dan kesehatan