Tentang kesehatan

Makanan Berkarbohidrat

makanan sehat

[dropcap color=orange cap=M]akanan berkarbohidrat memberikan kita energi yang diperlukan tubuh untuk berfungsi normal. Sebagian karbohidrat didapatkan dari makanan yang berasal dari tumbuhan, meskipun ada banyak makanan berbahan kimia yang juga memberikan karbohidrat yang sama. Karbohidrat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan salah satunya adalah sumber energi utama. Ketika makanan dicerna, makanan diubah menjadi gula sederhana dan[/dropcap]

kemudian menjadi glukosa yang akan mejaga tubuh tetap kuat. Dinding usus memiliki tugas untuk menyerap glukosa dan mengirimkannya ke aliran darah. Dengan cara ini, glukosa diedarkan ke bagian tubuh lainnya.

Ini juga termasuk otot-otot dan sel-sel tubuh sementara hati digunakan sebagai cadangan energi untuk karbohidrat yang sekarang berada dalam bentuk glikogen. Otak adalah organ tubuh yang berkembang dari karbohidrat dan jika orang tidak memiliki asupan pati yang cukup, mereka dapat menderita fungsi otak rendah. Tubuh mengubah karbohidrat dengan cepat dan itulah mengapa orang pulih dengan cepat setelah mengkonsumsi gula batu. Ketika tubuh gagal mengakses glukosa, cadangan di dalam hati yang mengandung glikogen dilepaskan untuk menutupi kekurangan tersebut. Jika tubuh memerlukan energi lebih daripada apa yang bisa ditawarkan oleh glikogen, jaringan protein dibakar untuk memberikan energi yang diinginkan.

Ada tiga jenis karbohidrat yang termasuk serat diet, karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Serat diet dihasilkan dari beras merah dan roti berwarna coklat. Serat ini sangat membantu pencernaan dan juga sumber vitamin B yang baik. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari makanan seperti havermut, nasi, gandum hitam, barli, padian, gandum, kentang dan lobak. Karbohidrat sederhana bisa diperoleh dari makanan seperti buah-buahan, susu, dan gula. Sangat penting untuk memastikan bahwa konsumsi makanan berkabohidrat cukup tinggi karena mereka memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Orang yang melakukan diet dengan kadar pati yang tinggi selamat dari penyakit kolon (usus besar) dan makanan ini termasuk pisang hijau, roti berwarna coklat dan kacang laut.

Makanan berkarbohidrat tinggi termasuk biji-bijian dan sereal yang meliputi antara lain; nasi putih, pasta, roti putih, bagel, barli, muffin dan spaghetti. Buah-buahan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi termasuk; kurma, anggur, jeruk, apel, semangka, aprikot, pisang, stroberi dan nanas. Produk-produk susu seperti susu, yoghurt, susu skim dan susu coklat merupakan komponen penting dari diet yang sehat. Makanan lain yang kaya karbohidrat adalah permen, jus buah, coklat, kue, kacang, jagung dan sirup jagung.

Makanan berkarbohidrat juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Makanan jenis ini juga mengendalikan berat badan berlebihan dan karena itu orang akan tetap sehat. Makanan berkarbohidrat bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh karena makanan tersebut berisikan energi. Mereka membuat tubuh dapat melakukan fungsinya setiap hari dan membantu kontraksi otot. Orang yang makan makanan berkarbohidrat dengan cukup akan penuh semangat, energik dan antusias di sepanjang waktu. Misalnya karbohidrat kompleks akan membantu dalam pencernaan karena mengandung makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Mereka juga akan menstabilkan gula darah dan memastikan bahwa orang-orang selalu penuh energi setiap saat.