Lemak Baik dan Lemak Jahat

Lemak Baik dan Lemak JahatNutrisi bisa menjadi topik yang membingungkan. Diperlukan banyak penelitian untuk memutuskan apa yang harus dimakan atau apa yang tidak harus dimakan. Salah satu pertanyaan besar tentang gizi adalah bagaimana membedakan jenis-jenis lemak. Kami dapat membantu Anda dengan jawaban itu.

Makanan merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Tanpa asupan makanan, tubuh akan

kekurangan nutrisi tertentu. Hal ini dapat dikompensasi untuk sementara waktu tetapi akhirnya nutrisi akan mulai kehilangan fungsinya tanpa bahan bakar yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan dalam tubuh.

Bicara tentang lemak, sebagian orang menghindari makan lemak karena mereka telah mendengar bahwa lemak itu jahat. Tapi, mengonsumsi makanan rendah lemak dapat menyebabkan masalah metabolisme dalam tubuh. Berdasarkan piramida makanan, kita membutuhkan lemak dalam makanan kita setiap hari. Tapi, lemak yang mana?

Orang Kurus Berlemak

Lemak adalah nutrisi yang diperlukan. Tubuh mengandung lemak yang berada di tempat yang berbeda. Lemak yang mengelilingi organ disebut lemak visceral. Lemak ini melindungi organ tubuh dari bahaya.

Lemak sangat diperlukan dalam selaput sel. Setiap sel memiliki selaput pelindung untuk menyaring nutrisi. Selaput ini dibagi menjadi dua lapisan: lapisan hidrofobik (tidak suka air) dan lapisan hidrofilik (menyukai air). Hal ini memungkinkan molekul lemak seperti lipoprotein menembus selaput tersebut untuk mengangkut nutrisi ke sel.

Lemak juga digunakan untuk menutupi  sel-sel saraf dengan selubung mielin. Hal ini akan mempercepat konduksi syaraf di otot dan melindungi saraf dari kerusakan.

Jadi, lemak itu penting tetapi yang Anda inginkan adalah jenis lemak yang tepat. Berikut ini adalah jenis-jenis lemak yang sering Anda jumpai.

Lemak Baik

  • Lemak tak jenuh ganda - Ini adalah salah satu lemak terbaik yang dapat Anda konsumsi. Banyak terdapat pada ikan seperti salmon. Asam lemak Omega-3 termasuk dalam kategori ini. Lemak ini dapat diperoleh dari minyak tertentu seperti bunga saffron dan juga bunga matahari.
  • Lemak tak jenuh tunggal - Disebut juga "lemak baik". Dapat diperoleh dari kacang-kacangan dan minyaknya, minyak zaitun dan minyak canola. Biasa digunakan untuk memasak, misalnya saat menumis sayuran atau menggoreng daging tanpa lemak.

Lemak Jahat

  • Lemak jenuh - Lemak ini tidak sehat bagi Anda, karena memberi kontribusi atas meningkatnya lemak tubuh dan terbentuknya plak dalam pembuluh darah di tubuh. Termasuk dalam kategori ini adalah makanan yang digoreng, daging berlemak, telur dan produk susu penuh lemak.
  • Lemak trans - Disebut juga lemak yang terhidrogenasi sebagian. Lemak ini tercipta ketika minyak cair disuntikkan dengan hidrogen untuk memberikan konsistensi semi-padat pada suhu kamar. Lemak ini terdapat pada permen kemasan dan makanan yang digoreng.

Lemak baik membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Lemak jahat sebaliknya. Mereka menaikkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL) yang mengarah terhadap peningkatan terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan asupan lemak tertentu bisa membuat Anda sehat atau memperburuk kondisi tubuh. Pilihlah lemak baik untuk menurunkan risiko atas kondisi tertentu termasuk kanker.

Olahraga dan kesehatan