Tentang kesehatan

Ide-ide untuk Sarapan yang Bernutrisi dan Kaya Energi

Ide-ide untuk Sarapan yang Bernutrisi dan Kaya Energianyak orang yang terbangun di pagi hari dengan perasaan masih lemas dan mengantuk. Anda tidak perlu terus-menerus bangun seperti ini. Awali hari Anda dengan benar dengan sarapan yang sehat.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Anda menghabiskan berjam-jam dalam keadaan tidur dan Anda menyantap makan malam beberapa jam sebelum Anda tidur. Ini berarti pada pagi hari, perut Anda tidak menerima makanan selama

lebih dari 10 jam. Tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari.

Sarapan meningkatkan metabolisme tubuh dan menyiapkan Anda untuk berkegiatan. Tanpa sarapan di pagi hari, Anda akan merasa tidak dapat berkonsentrasi, lelah dan tidak berpikir jernih sepanjang hari. Ini dikarenakan tubuh Anda berusaha untuk menyimpan energi untuk aktivitas tubuh yang mendasar seperti pernapasan. Inilah mengapa sarapan yang sehat amatlah dibutuhkan.

Tips untuk Sarapan

Kami sadar bahwa terkadang memaksakan diri untuk sarapan di rumah terasa sangat sulit apalagi apabila Anda memiliki jadwal yang padat. Akan terasa lebih mudah bila Anda pergi ke gerai makanan cepat saji. Sayangnya, kebanyakan makanan cepat saji tidaklah sehat atau cocok untuk memulai hari Anda.

Pertama-tama, pilihlah jenis makanan yang mudah untuk disiapkan. Siapkan sarapan Anda di malam hari sehingga ketika Anda bangun di pagi hari, yang perlu Anda lakukan hanyalah memanaskan sarapan Anda.

Buatlah porsi yang besar dan bagi ke porsi-porsi kecil untuk sarapan Anda selama seminggu. Jangan lupa menyimpan sarapan ini di lemari pendingin. Dengan begini, sarapan akan terasa mudah dan praktis untuk anda dan keluarga Anda. Selain itu, porsinya pun akan pas sehingga Anda tidak akan makan secara berlebih.

Perencanaan juga sangatlah penting untuk memastikan anda sarapan. Ajaklah keluarga Anda untuk berpartisipasi dalam menyiapkan sarapan.

Ide-ide untuk Sarapan Mudah

Berikut adalah ide-ide untuk sarapan yang mudah yang akan memberi energi untuk memulai hari Anda :

Smoothies

Smoothies adalah minuman yang dibuat dari buah-buahan atau sayuran yang diblender halus. Smoothies buah diperkaya dengan antioksidan dan merupakan sumber tenaga yang baik. Cobalah buah-buahan yang berwarna-warni seperti strawberry, blueberry dan blackberry. Bahan-bahan untuk membuat smoothie dapat disimpan di sebuah gelas dan Anda hanya perlu memblender buah-buahan ini dengan tambahan yogurt dan es di pagi hari.

Sereal granola

Simpan sereal granola di sebuah kantung. Anda bisa menambahkan sereal granola Anda ke segelas yogurt, dicampurkan dengan oatmeal atau membuat kue granola. Anda bisa juga menyantap sereal granola secara langsung tanpa tambahan apa-apa. Biji-bijian yang terdapat di sereal granola adalah sumber energi yang sempurna untuk memulai hari Anda. Serat yang terkandung juga akan menahan rasa lapar untuk berjam-jam.

Buah-buahan

Ketika Anda tidak punya pilihan lain, ambillah sebuah apel atau pisang. Besar porsi sarapan tidaklah selalu penting tapi yang penting adalah Anda mengisi perut anda dengan sesuatu yang baik untuk tubuh. Buah-buahan seperti apel dan pisang dipenuhi dengan serat yang membuat Anda merasa lebih kenyang daripada ketika Anda meminum jus buah. Buah-buahan kering juga dapat digunakan sebagai kudapan ringan di siang hari.

Oatmeal

Oatmeal merupakan ide sarapan yang sepertinya cocok dipakai pada akhir pekan karena oatmeal membutuhkan sedikit lebih banyak persiapan sebelum disajikan. Tapi, bila Anda memiliki waktu yang cukup di pagi hari, kenapa tidak membuat oatmeal ? Oatmeal adalah sarapan hangat yang bernutrisi yang baik bagi tubuh.

Apakah Anda memerlukan tambahan energi untuk hari anda? Mulailah dengan sarapan!