Tentang kesehatan

Teh Hijau Organik dan Manfaatnya Bagi Anda

Teh Hijau Organik dan Manfaatnya Bagi Andaeh hijau organik memiliki banyak sekali manfaat. Apa yang membuatnya berbeda dengan jenis teh lain ialah daun-daunnya diproses dengan dipetik dan langsung dikeringkan daripada melalui proses fermentasi. Proses yang minimalis ini, jika dibandingkan dengan teh lain, akan memastikan bahwa teh hijau mempertahankan segala manfaat yang terkandung di dalamnya. Banyak orang memilih aromatik yang memiliki rasa

segar teh hijau, atau bisa juga meminum teh hijau langsung untuk efek positif terhadap kesehatan pikiran. Faktanya, teh hijau merupakan bagian dari bermacam-macam diet dan dibuat dalam berbagai bentuk suplemen.

Ketika kita melacak sejarah teh hijau organik, kita akan menemukan bahwa dahulu kala teh ini telah digunakan baik sebagai bagian dari hidangan maupun obat-obatan herbal. Salah satu kegunaan teh herbal yang pertama kali diketahui ialah sebagai penyembuh luka dan mengontrol pendarahan. Walaupun belum ada fakta meyakinkan, ada indikasi kuat bahwa manusia telah mengonsumsi teh hijau sejak 500.000 tahun lalu. Fungsinya untuk pengobatan telah diketahui betul oleh orang Cina jauh sebelum penelitian modern terhadap teh hijau dilakukan.

Salah satu jenis antioksidan paling kuat, yang dinamakan polyphenol, ditemukan dengan kadar melimpah pada teh hijau. Polyphenol diketahui sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi pembentukan gumpalan darah, melawan sel kanker, dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tidak ada keraguan sama sekali akan manfaat teh hijau organik bagi kesehatan seseorang.

Apa yang membuat teh hijau berbeda dengan teh hitam ialah cara prosesnya. Walaupun sama-sama terbuat dari daun teh,teh hijau organik diproses dengan metode penguapan. Daun teh dikukus sehingga sebagian besar substansi pentingnya yang kaya manfaat akan tetap dipertahankan. Kebalikannya terjadi pada jenis teh lain yang diproses secara fermentasi. Hal ini mengakibatkan rusaknya berbagai zat yang terkandung pada daun teh yang diproses dengan cara tersebut.

Di saat metode pengobatan Barat tidak selalu menggunakan makanan atau minuman yang mengandung manfaat bagi kesehatan, berikut merupakan hal apa saja yang dipercaya mampu dilakukan oleh teh hijau:

  • Mencegah kanker. Polyphenol sebagai antioksidan dapat melawan pertumbuhan sel kanker.
  • Menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan meminum dua cangkir teh setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah.
  • Imunitas. Teh hijau memiliki manfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita, sehingga meminimalisir kemungkinan terserang penyakit flu.
  • Membantu pencernaan. Zat tannin yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan menenangkan perut Anda.
  • Menyehatkan mulut dan gigi. Teh hijau membantu mencegah gigi berlubang dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  • Menurunkan berat badan. Mengandung catechin, yaitu antioksidan yang mengurangi penyerapan lemak oleh tubuh. Kegunaan lainnya ialah meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Memperkuat tulang. Vitamin D yang terkandung pada teh hijau sangat berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang.

Terlepas dari segala manfaatya, perlu diperhatikan pula bahwa teh hijau mengandung kafein. Ini berarti teh hijau dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur dan gelisah. Berita baiknya, kandungan kafein teh hijau masih di bawah kopi.

Dengan semua manfaat yang dimilikinya, teh hijau organik merupakan minuman hebat yang dapat dinikmati tanpa ada rasa penyesalan. Aroma dan kesegarannya membuat teh hijau sangat layak untuk dinikmati.

Olahraga dan kesehatan