Jus Jeruk

jus jeruk cap=J]us jeruk adalah obat sembelit yang manjur dan dapat digunakan untuk merangsang usus besar dan bagian-bagian tubuh yang lain. Karena usus kurang aktif di malam hari, meminum jus segera setelah Anda bangun dapat

merangsang aksi peristaltik yang kuat dan mendorong pergerakan usus.

Pelajarilah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari beberapa macam jus jeruk di bawah ini.

Jus lemon

Lemon kaya dengan mineral, terutama kalium, Vitamin C, dan bioflavonoid. Mineral-mineral tersebut berfungsi untuk melakukan pembersihan pada seluruh tubuh. Jus lemon segar adalah raja jus buah. Jus ini mengandung asam sitrat, yang manfaatnya di dalam tubuh tidak bisa ditandingi oleh jus-jus lain.

Hati (liver) menggunakannya untuk membangun enzim sehingga dapat menetralkan racun dalam darah, yang kemudian digabung dengan kalsium untuk membentuk zat kimia larut. Hal ini dapat menghilangkan batu-batu yang ada di ginjal dan pankreas, plak yang tumbuh di sepanjang dinding arteri, dan endapan kalsium lain yang ada di dalam tubuh.

Ketika hati, empedu, dan pankreas tidak berfungsi dengan baik, pencernaan makanan juga akan terpengaruh, dan akhirnya bisa menyebabkan sembelit. Tetapi jangan menggunakan lemon dalam jumlah yang terlalu banyak karena lemon akan menghilangkan kandungan minyak ketika dicerna oleh usus, padahal tubuh kita membutuhkan minyak dalam jumlah yang cukup untuk sel-sel dan persendian. Jika Anda alergi terhadap lemon, menderita maag, atau arthritis Anda harus menghindari jus lemon.

Membuat jus lemon sangat mudah. Peraslah sebuah lemon dan campurkan air perasan lemon tersebut dengan segelas air hangat. Ketika Anda bangun tidur minumlah jus tersebut dan jangan minum apapun selama minimal 1/2 jam. Untuk membuat jus lemon Anda dapat menggunakan alat pemeras jeruk atau cukup memerasnya dengan tangan.

Jus jeruk bali (grapefruit)

Obat sembelit lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan meminum segelas perasan jeruk bali segar sebelum Anda minum apapun di pagi hari. Sekali lagi, jangan makan atau minum apapun selama setidaknya 1/2 jam.

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan antikonvulsan, pil KB, estrogen, inhibitor protease dan beberapa macam obat lainnya, hindarilah minum jus jeruk bali. Karena hal ini bisa memperlambat larutnya obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan tekanan darah naik.

Jus jeruk bali dan jeruk manis

Salah satu minuman yang baik diminum di pagi hari adalah campuran antara jus jeruk bali dan jus jeruk manis. Siapkanlah setengah gelas jus jeruk bali dicampur dengan setengah gelas jus jeruk manis dan minumlah di pagi hari sebelum Anda minum minuman lainnya.