Tentang kesehatan

Fase-Fase Migrain

migren wanitaigrain terdiri dari empat fase. Penderita migrain dengan aura, disebut juga migrain klasik, paling mungkin mengalami semua fase (4 fase). Penderita yang mempunyai migrain umum (migrain tanpa aura) akan mendapat fase-fase yang sama, namun mereka tidak menyadarinya. Interval diantara migrain kadangkala disebut sebagai migrain fase kelima.

Fase Pertama - Prodrome

FaseĀ  prodromal biasanya dimulai satu atau dua hari sebelum migrain yang sebenarnya. Banyak penderita migrain menyebutnya sebagai fase 'firasat'. Perasaan selama fase ini sangat gampang dikenali. Setiap penderita migrain mempunyai pengalaman sendiri-sendiri. Ada yang merasa pusing, gembira dan penuh energi, lebih daripada biasanya. Yang lainnya merasakan sakit kepala yang dimulai dengan rasa lelah, lemah dan gampang marah. Semuanya bisa menjadi tanda sebuah migrain dan setiap penderita harus mempelajari tanda-tanda prodrome mereka sendiri jika ingin mencegah migrain.

Fase Kedua - Aura

Fase ini biasanya tidak dialami oleh banyak penderita migrain, karena kebanyakan menderita migrain umum (migrain tanpa aura). Untuk mereka yang mengalami migrain klasik dengan aura, aura bisa mulai kapan saja mulai dari 5 menit sampai satu jam sebelum sakit kepala dimulai. Aura adalah efek visual yang dialami oleh penderita migrain. Penderita akan melihat benda-benda disekitarnya seperti mempunyai aura yang terang atau lingkaran cahaya. Di penglihatan penderita akan dipenuhi cahaya berpendar-pendar hingga pandangan menjadi putih semua sesaat sebelum sakit kepala dimulai.

Fase Ketiga - Sakit Kepala

Fase ini berlangsung bisa berlangsung 4 hingga 72 jam. Pada umumnya adalah sakit pada sebelah bagian kepala dengan dentuman atau denyutan. Sakit kepala seringkali disertai dengan gangguan lambung, mual-mual, muntah-muntah dan sensitif terhadap cahaya, suara, bau atapun kombinasi dari ketiganya.

Fase Keempat - Postdrome

Karakteristik dari postdrome adalah kepala, leher dan perut seperti terasa empuk. Rasa lemah dan keletihan juga umum terjadi pada fase ini.

Olahraga dan kesehatan