Olahraga yang Tepat Bagi Ibu Menyusui

joomplu:106Anda baru saja melahirkan bayi dan Anda dengan senang hati menghabiskan banyak waktu dan energi Anda.   Dimana setiap dua jam Anda harus bangun untuk menyusui, merawat anak-anak anda di rumah sedangkan dokter Anda menyarankan untuk olahraga.

Manfaat dari olahraga disarankan dilakukan dengan baik untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, membantu ibu mengembalikan bentuk tubuh ke bentuk semula dan membantu mengurangi tingkat stress serta menjaga emosi agar tetap stabil.  Tantangan sebenarnya adalah menemukan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini. Kapan anda menemukan waktu antara merawat bayi, mengurus rumah tangga, memasak dan bermain dengan anak-anak?

Dan pertanyaan berikutnya adalah apa olahraga terbaik untuk ibu menyusui? Apakah tindakan yang harus diambil untuk menjaga pasokan susu yang berkurang dan melindungi jaringan payudara?

Jika kita mulai bahwa olahraga bermanfaat, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Anda menemukan waktu didalam hari Anda?

Pernahkah Anda berpikir bagaimana mewujudkan sesuatu yang penting untuk Anda?   Konsep ini adalah konsep terbaik.  Jika apa yang kita inginkan itu penting maka waktu untuk melakukannya adalah setiap hari.  Karena kita harus melakukannya, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Untuk menemukan waktu latihan, pertama Anda harus menemukan nilai dalam latihan dan Anda juga harus menemukan latihan yang sesuai dengan minat dan gaya hidup Anda.   Olahraga untuk ibu menyusui dapat dilakukan di rumah apabila bayi sedang tidur di pagi hari, atau sementara anak-anak sedang menonton televisi atau saat anda memasak makan malam.  Tujuannya agar anda dapat meningkatkan denyut jantung dan menggunakan otot-otot Anda. Ingat Anda tidak sedang latihan untuk Olimpiade jadi lakukan dengan santai dan hanya untuk mendapatkan jumlah ASI yang cukup.

Waktu akan dapat ditemukan ketika Anda memberi nilai latihan itu dan ketika olahraga itu menarik bagi Anda.  Tapi apakah latihan untuk ibu menyusui adalah yang terbaik?   Latihan yang dicari orang adalah latihan yang tidak membuat tekanan berlebihan pada otot yang baru pulih dari proses persalinan yang disebabkan oleh hormon yang diproduksi saat kehamilan. Anda hanya cukup melindungi posisi payudara anda serta tidak perlu banyak peralatan dan kebutuhan khusus.

Beberapa dari latihan ini seperti elliptical trainer yang mana tidak membuat otot lelah, aerobik dan latihan beban, tetapi jangan terlalu banyak beban dan gerak, cukup berjalan seperti biasa.

Dan yang terbaik dari semua bayi adalah jika anda mampu memberi ASI yang sehat.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari latihan ini adalah si ibu harus menghasilkan asam laktat.  Ketika Anda melatih otot-otot, Anda memiliki produk limbah asam serta metabolisme laktat jika anda latihan dengan teratur.  Asam laktat akan masuk ke dalam ASI.

Walaupun hal ini tidak menyebabkan masalah pada bayi beberapa bayi menemukan perubahan rasa dari ASI dan mereka menolak untuk meminumnya.  Jika si kecil Anda menolak minum  ASI Anda memiliki dua pilihan lain.  Menyusui dan segera berolahraga  setelah itu.  Jumlah asam laktat pada ASI harus diencerkan sampai pada titik dimana bayi tidak mengetahuinya.

Namun, jika Anda melakukan olahraga dengan senang dan teratur Anda mungkin harus menguranginya karena itu akan mengurangi jumlah asam laktat.

Olahraga untuk ibu menyusui memegang manfaat yang besar bagi ibu dan bayi.  Ketika ibu bahagia, sehat dan tidak stress akan lebih sayang pada anaknya hal itu akan menghasilkan lebih banyak susu dan lebih produktif.