Menyusui di Ruang Bersalin

joomplu:377Menyusui bayi kecil Anda telah terbukti memberikan kekebalan terhadap penyakit.  Penelitian juga telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI di jam pertama setelah kelahiran akan mendapat manfaat lebih seperti halnya ibu.

Ketika bayi lahir karena pecahnya cairan ketuban, bayi rentan kehilangan panas tubuh.  Beberapa perubahan fisik yang benar-benar menakjubkan terjadi di dalam tubuh bayi selama proses kelahiran.  Saat mereka didalam rahim pasokan darah bayi itu didorong melalui tali pusar.  Tapi ketika talinya dipotong dan bayi mengambil napas pertama perubahan tekanan dalam rongga dada membantu untuk mengalirkan darah melalui paru-paru.  Hal ini meningkatkan jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh.

Kadang-kadang paru-paru bayi berisi cairan.  Ketika bayi yang baru lahir menangis itu membawa cairan lebih dekat ke pohon bronkus di paru-paru yang dapat disedot keluar di ruang bersalin.

Ibu yang menyusui bayi mereka dalam beberapa menit pertama setelah kelahiran dapat meneruskan kekebalan penting bayi dan membantu melindungi bayi terhadap penyakit. Menyusui juga membantu untuk melindungi ibu.

Ketika bayi mendapatkan kenyamanan, nutrisi dan perlindungan dari ASI, payudara juga akan mengeluarkan hormon-hormon dalam tubuh ibu yang menyebabkan rahim berkontraksi.  Kontraksi ini membantu untuk mengurangi kehilangan darah setelah proses melahirkan.

Ibu mengatakan bahwa di jam pertama pada dua minggu pertama menyusui akan mengalami kram ringan.  Kram itu sendiri sebenarnya terjadi karena rahim yang berkontraksi untuk mengurangi kehilangan darah.  Namun hal ini tidak hanya mengurangi kehilangan darah tetapi juga membantu rahim untuk kembali ke ukuran semula secara cepat dan alami.

Kebanyakan bayi selalu mendapatkan ASI di jam pertama setelah lahir.  Namun terkadang mereka sedikit gugup karena obat atau anestesi yang digunakan selama proses melahirkan. Dengan sedikit kesabaran ibu dan bayi akan menjadi lebih baik dalam menyusui setelah menyusui di ruang bersalin.

Dalam satu studi penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2006, para ilmuwan menemukan bahwa ibu berhasil menyusui bayi mereka yang baru lahir dan menjadi hubungan yang lebih baik lagi ketika staf di rumah sakit dilatih untuk membantu dan mendukung si ibu.

Jika Anda ingin menyusui bayi Anda dalam beberapa jam pertama setelah melahirkan maka anda harus berbicara dengan perawat persalinan sehingga mereka dapat membuat jadwal untuk membantu Anda.  Para staf harus memastikan kesehatan bayi yang baru lahir dan kemampuan bernapas serta dikeringkan untuk mencegah hipotermia, tetapi sisa bobot dan pengukuran benar-benar harus menunggu sampai bayi mendapatkan susu pertamanya dan ibu dapat memeluknya selama yang ibu inginkan.

Tanggung jawab staf sangat diutamakan untuk keselamatan ibu dan bayi.  Pengukuran, bobot dan pengujian usia kehamilan akan membutuhkan waktu beberapa jam hingga proses menyusui pertama kali dilakukan di ruang persalinan.

Untuk memastikan bahwa Anda bisa menyusui pada satu jam pertama sebaiknya Anda berbicara dengan OB / GYN Anda sebelum proses melahirkan.  Dokter kemungkinan besar akan memberitahu Anda bahwa staf akan mengeringkan bayi Anda dan pastikan bahwa tidak ada komplikasi sebelum menyusui bayi Anda.  Hal ini tentu saja dapat diterima.  Itu tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa dokter mengerti dan mendukung keinginan Anda untuk menyusui di ruang bersalin, karena dengan dukungan mereka Anda akan merasa puas.