Memilih Ukuran Bra yang Sesuai Pada Saat Menyusui

joomplu:465Menyusui adalah salah satu hadiah terbesar yang bisa Anda berikan untuk bayi Anda.  ASI membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan dengan menyusuinya akan menciptakan ikatan yang besar antara ibu dan bayi serta meningkatkan perkembangan neurologis bayi.

Sebelum bayi Anda lahir, Anda harus membeli bra menyusui setidaknya satu atau dua sedikit lebih besar untuk mengantisipasinya.  Anda dapat membeli bra sekitar 3 minggu pasca melahirkan untuk membantu menyesuaikan payudara Anda.

Mengapa ukuran bra besar sebelum bayi lahir?  Jawabannya terletak pada respon fisiologis tubuh untuk perkembangan bayi.  Dengan kata lain bagaimana tubuh Anda merespon setelah bayi lahir.  Selama 9 bulan tubuh Anda telah siap untuk memberikan bayi kecil yang sehat dan membutuhkan nutrisi dari ibu untuk tumbuh kembangnya.

Bayi yang baru lahir akan membutuhkan banyak nutrisi dan ibu harus mampu untuk memberikan semua yang dibutuhkannya.  Hal ini sering terjadi pembengkakan saat payudara membesar.  Saat ibu memproduksi susu yang dibutuhkan bayi setiap 24 jam payudara dapat menjadi sedikit lebih besar, sedikit lembut dan tidak nyaman.

Bila memakai bra untuk menyusui Anda harus menyesuaikan dengan cara yang sama.  Satu-satunya perbedaan adalah bra yang memiliki akses mudah menuju puting sehingga Anda tidak perlu menurunkan bahu untuk menyusui bayi kecil Anda.  Akses ini membuat menyusui di depan umum lebih mudah dan jauh lebih pribadi.  Karena Anda tidak harus mengganti pakaian dan Anda mampu melakukannya jauh lebih cepat dan pribadi.

Bra menyusui harus pas menutupi daerah dada dan dapat memasang kait tanpa ketidaknyamanan.  Bra sebaiknya tidak meninggalkan bekas tanda di dada atau bahu ketika Anda melepasnya.

Pasanglah bra dan berdirilah di depan cermin.  Payudara Anda harus tertutup dan tidak keluar menggantung.  Jika itu terjadi, berarti Anda membutuhkan ukuran cup yang lebih besar.

Sekarang angkat tangan ke atas kepala Anda.  Tali sekitar dada Anda tidak harus bergerak naik atau turun.  Ada beberapa gerakan akan tetapi sebaiknya hanya ada sedikit gerakan. Jika bergerak keatas atau tali menurun pada lengan bawah Anda, Anda perlu mengubah tali bahu dan membuatnya sedikit longgar.  Tapi kalau dalam melonggarkan tali cup mulai melorot maka ukuran cup juga harus dirubah.

Tapi karena ini harus dilakukan sebelum bayi lahir kemungkinan besar Anda mampu menahan biaya belanja Anda.  Mulai memakai bra seminggu atau dua minggu sebelum kelahiran bermanfaat untuk memudahkan meraih payudara dari dalam baju Anda dan membuka pengait pengamannya dan memasangnya kembali.

Untuk menyesuaikannya Anda harus memiliki sedikit kesabaran dan siap untuk membeli dua ukuran.  Satu ukuran yang bisa Anda gunakan dalam beberapa minggu pertama ketika kemungkinan besar akan membesar dan satu ukuran lagi untuk Anda pakai setelah payudara kembali ke ukuran normal.