Manfaat Dari Menyusui

Manfaat menyusuiSelama bertahun-tahun para ilmuwan telah bereksperimen dengan bahan-bahan yang terkandung dalam ASI sehingga membuat ASI menjadi makanan yang sempurna untuk bayi. Para ilmuwan ini telah menemukan lebih dari 200 senyawa yang terkandung di dalam ASI untuk melawan infeksi, membantu kematangan sistem kekebalan tubuh, membantu pencernaan, dan mendukung pertumbuhan otak - sifat buatan alami yang tidak bisa disalin oleh sains.

Keuntungan besar jangka panjang yang ada pada menyusui termasuk

mengurangi risiko asma, alergi, obesitas, dan beberapa bentuk kanker anak. Semakin ilmuwan terus mempelajari hal ini, maka semakin terlihat khasiat baik dari menyusui.

Sebagai tambahan untuk membuat bayi sehat, menyusui juga dapat membuat bayi lebih cerdas. Banyak studi telah membuktikan bahwa bayi yang diberi ASI cenderung lebih cerdas daripada bayi dengan susu formula atau metode lainnya. Menyusui membantu dengan nutrisi dan mendukungan pertumbuhan otak, yang merupakan hal untuk setiap ibu pertimbangkan.

Manfaat menyusui bagi ibu sama baiknya dengan bayi yang mereka susui. Hormon-hormon yang dilepaskan pada saat menyusui akan mengurangi kehilangan darah pasca melahirkan dan membantu mengecilkan rahim kembali ke ukuran normal.

Efek jangka panjang bagi para ibu menyusui yaitu menurunkan risiko kanker payudara premenopause, yang merupakan jenis kanker yang menyerang sebelum usia 50. Manfaat menyusui akan mulai terlihat tiga sampai enam bulan menyusui dan semakin meningkat ketika terus menyusui.

Sekarang Anda seharusnya telah menyadari bahwa ASI adalah satu paket cairan kekuatan. ASI menawarkan lebih banyak khasiat untuk bayi Anda dibandingkan susu formula atau produk buatan ilmiah lainnya. Ketika Anda mulai merencanakan masa depan bayi Anda, buatlah komitmen untuk menyusui bayi selama mungkin - dikarenakan khasiatnya yang bermanfaat untuk ibu dan bayi.