Latching On atau Tehnik Menyusui yang Tepat Untuk Mengurangi Rasa Sakit dan Ketidaknyamanan

joomplu:377Para peneliti setuju bahwa menyusui adalah cara terbaik untuk menyediakan gizi, memberi kenyamanan dan menciptakan ikatan yang besar antara ibu dan bayi.  Hanya susu ibu yang dapat menciptakan hubungan dan tumbuh kembang bayi.  Susu pertama penuh dengan antibodi dan serum yang membantu bayi mengakomodasi ke dunia luar.  Juga untuk memasukkan lemak lebih atau kurang tergantung pada pertumbuhan bayi.

Latching on adalah istilah yang digunakan ketika bayi memiliki posisi yang benar saat menempelkan mulutnya pada puting ibu dan ia mulai menyusu.    Ketika bayi menyusu mereka merangsang pelepasan ASI dengan demikian keluarlah susu dari saluran susu.

Sayangnya proses menyusui tidak benar-benar alami.  Ini adalah perilaku bawaan yang kebanyakan wanita lakukan setelah bayi mereka lahir.  Tapi itu adalah perilaku yang dapat dipelajari kecuali jika bayi tidak terposisikan dengan benar maka proses ini dapat menyakitkan dan tidak nyaman.

Menyusui dengan benar membutuhkan beberapa langkah.  Ketika setiap langkah dilakukan dengan baik  saat bayi Anda menyusu dan mengisap, Anda tidak akan merasa sakit.  Jika Anda merasa sakit Anda harus melepas hisapan bayi Anda dan segera mengubah posisinya.  Jangan biarkan dia terus menyusu dengan posisi yang salah karena akan menyebabkan puting sakit dan bayi Anda tidak mendapatkan cukup ASI.

Langkah pertama adalah berada dalam posisi yang nyaman dengan pinggul dan lutut pada sudut 90 derajat dan punggung lurus.  Ketika Anda membungkuk dengan tekanan yang berlebihan pada punggung atas Anda dan menempatkan payudara, Anda dalam posisi yang salah.  Bayi Anda juga harus pada tempat yang nyaman.  Menyusui menggunakan bantal untuk menopang bayi di pangkuan Anda akan menjaga bayi agar tidak merosot kebawah dan menarik-narik payudara Anda.

Posisi perut bayi menempel pada perut Anda, kepalanya menghadap ke dada Anda.  Jika bayi Anda lurus di pangkuan Anda, lengan sepanjang sisinya menempel pada perut Anda, bukan antara dada dan perutnya.

Memegang kepala bayi Anda dengan satu tangan, menekan puting dan areola dengan tangan lainnya.  Jika bayi berbaring di pangkuan Anda dengan kepala di payudara kiri Anda, gunakan tangan kiri Anda untuk menekan atau memijat payudara Anda, dengan posisi  jari di bawah dan ibu jari berada di atas payudara Anda.

Usapkan puting ke sudut mulut bayi untuk memberi rangsangan refleks rooting atau membuka mulut.  Dengan cara ini bayi akan membuka mulutnya dan mengubah posisi dada Anda.  Pastikan mulutnya terbuka lebar kemudian Anda harus menempatkan puting Anda di mulutnya.  Bawa bayi ke payudara Anda dengan memberi tekanan antara tulang bahunya.  Jangan melakukan tekanan di belakang kepalanya.

Tempelkan hidung bayi Anda dan benamkan dagunya pada payudara Anda.  Posisi menyusui yang benar tidak akan menimbulkan rasa sakit dan bayi dapat dengan nyaman menghisap dan menelannya.

Periksa posisi bibir bayi pada payudara Anda untuk memastikan dia berada dalam posisi yang benar.  Jangan takut untuk merubah posisi bayi Anda, karena terus menyusui dengan posisi yang salah hanya akan menyebabkan Anda sakit, kerusakan potensial dan mengurangi jumlah susu yang dia terima.  Berhenti menyusui bisa Anda lakukan dengan menempatkan jari telunjuk Anda antara gusi dan payudara Anda, bukan antara bibir dan payudara Anda lalu tarik perlahan.  Dengan demikian Anda akan dapat melepaskannya. Tarik bayi menjauh dari payudara Anda dan cobalah untuk menyusuinya kembali.

Ketika Anda menyusui, carilah bibir merah muda yang terbalik dan tidak terselip ke dalam mulutnya.  Jika bibir tidak sepenuhnya merah akan menyebabkan sakit pada payudara Anda dalam waktu yang singkat.  Anda dapat mengetahui bayi Anda dalam posisi yang benar jika:

  1. Menempel erat antara bibir bayi dan areola.
  2. Lidah bayi terletak antara gusi bawah dan payudara Anda.
  3. Dia mengisap dan menelannya.
  4. Telinga yang menggeliat, berarti ia memiliki hisapan kuat dan menelannya.
  5. Anda tidak mendengar suara klik yang berarti ia menyusu dengan benar
  6. Tidak ada air susu yang bocor dari seluruh sisi mulut bayi
  7. Anda tidak melihat sisi lelah wajah bayi di saat mengisap, berarti bayi anda menyusu dengan benar.

Posisi menyusui yang baik dan benar akan membantu Anda meningkatkan jumlah susu, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kenyamanan bayi. Ini hanya sebagai panduan untuk membantu Anda mempelajari prosedur yang benar sebelum Anda mulai menyusui. Atau sebagai pengingat bagi mereka yang sudah berpengalaman.  Jika Anda mengalami kesulitan apapun itu jangan ragu untuk menghubungi seorang konsultan laktasi di rumah sakit setempat.  Ini adalah tugas mereka untuk membantu ibu yang baru belajar menyusui agar dapat berhasil dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.