Tentang kesehatan

Fluconazol Untuk Ibu Menyusui

joomplu:106Pernahkah Anda mendengar tentang sariawan?  Sariawan adalah lidah yang terinfeksi lapisan bercak putih. Pada beberapa bayi dan orang lain dapat melakukan pengobatan dan sembuh dengan kemoterapi.  Infeksi ini disebabkan oleh jamur yang disebut Candida albicans.  Candida hidup didaerah lembab dan hangat, sering ditemukan pada orang dengan sistem kekebalan rendah atau mereka yang baru saja menerima antibiotik.

Infeksi yang mengakibatkan nyeri puting selama menyusui dapat terus berlangsung antara ibu dan bayi tanpa memiliki tanda-tanda atau gejala kecuali keluhan nyeri pada puting susu ketika menyusui.

Hingga saat ini tidak ada tes diagnostik untuk untuk mengetahui adanya infeksi tersebut apakah pada bayi atau ibu.  Menyeka puting susu dan mulut bayi  mungkin dapat menghentikan pertumbuhan jamur, agar bayi tidak tidak memiliki infeksi jamur pada selangkangan atau mulut dan ibu mungkin tidak memiliki rasa sakit saat menyusui.  Namun jika salah satu bayi atau ibu terinfeksi maka keduanya harus dirawat.

Candida menginfeksi puting dan saluran susu ibu.  Jika Anda mengalami nyeri selama menyusui dimana dulu Anda belum pernah mengalaminya, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan.  Pengobatan dilakukan pada Anda dan bayi sehingga bayi tidak menularkan infeksi tersebut kembali kepada Anda.

Pengobatan untuk Candida albicans pada ibu atau bayi bisa menggunakan flukonazol.  Obat anti jamur ini hanya dapat menghentikan perkembangbiakan jamur, tetapi tidak membunuh jamur.  Ini alasan kenapa obat ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk proses penyembuhannya.

Flukonazol untuk ibu menyusui harus diberikan disemua program pengobatan untuk memastikan bahwa jamur telah benar-benar dibersihkan dari ibu dan bayi.  Kebanyakan dokter menyarankan untuk mengkonsumsi paling lama setidaknya satu sampai dua minggu setelah nyeri pada payudara sembuh.

Dokter juga menyarankan untuk mengoleskan air susu pada mulut bayi setiap kali sesudah menyusui.  Mengobati bayi dan ibu akan mengurangi kemungkinan terulangnya infeksi.

Flukonazol terdaftar sebagai obat yang aman digunakan untuk menyusui oleh sebagian besar apoteker dan Universitas Farmasi.   Namun ketika perusahaan obat menerapkan lisensi, mereka tidak melakukan pengujian pada ibu menyusui selama uji klinis.  Jadi lisensi pabrik tidak mencakup penggunaan Flukonazol selama menyusui.  Ini adalah sebuah keputusan keuangan pabrik, karena uji klinis dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi yang juga membutuhkan biaya yang sangat mahal.  Namun sejak dikeluarkannya Flukonazol untuk ibu menyusui, penelitian dan studi kasus telah menemukan adanya efek samping pada bayi.  Faktanya obat ini telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak dalam dosis tinggi.

Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah meminta saran dokter sebelum Anda mengambil obat untuk mengobati infeksi atau Anda tidak akan pernah mengambil obat yang disarankan oleh  orang lain.

Efek samping dari penggunaan Flukonazol bisa mengakibatkan kerusakan hati bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan  dosis besar. Umumnya mengakibatkan muntah, diare, inveksi kulit dan sakit perut.  Jika Anda memiliki tanda-tanda efek samping seperti tersebut diatas, Anda harus segera menghubungi dokter.

Harga dan biaya untuk Flukonazol berkisar antara $ 300 dan $ 350 untuk dua minggu pengobatan.  Namun karena obat ini tidak memiliki hak paten, ada obat generik yang di jual dipasaran. Tanyakan hal ini kepada apoteker Anda.

Olahraga dan kesehatan