Mempersiapkan Remaja Putri Anda Menghadapi Menstruasi

Mempersiapkan Remaja Putri Anda Menghadapi Menstruasiada umumnya remaja putri akan mengalami menstruasi pada usia 11-13 tahun, namun periode awalnya dapat berlangsung sejak mereka berusia 9 tahun! Jadi kapan Anda harus berbicara dengannya mengenai menstruasi?

Seberapa awalkah pembicaraan ini diperlukan?

Biasanya Anda dapat memprediksi periode awal menstruasi seorang gadis remaja dengan melihat perkembangan payudaranya. Ketika payudara mulai berkembang atau telah terlihat tonjolan kecil pada dada mereka, kira-kira dua tahun kemudian mereka akan mengalami periode menstruasi pertama.

Sebagian besar anak yang beranjak remaja terlalu malu untuk mulai membicarakan hal ini. Jadi, Andalah sebagai orangtua yang harus mengambil inisiatif pertama. Satu pembicaraan kecil sangat penting, sebab jika Anda salah dalam pendekatan ini, mereka tidak akan berani menanyakan hal seperti itu lagi kepada Anda.

Memulai topik pembicaraan ini dapat Anda lakukan dengan bertanya kepada putri Anda apa yang telah ia ketahui sebelumnya dari teman-temannya. Anda juga dapat melakukan variasi pendekatan dengan menyentuh masalah kesehatan terlebih dahulu. Hal ini akan mencegah putri Anda merasa malu untuk berdiskusi. Jawablah pertanyaan-pertanyaannya dengan jujur, sesuai dengan tingkat kedewasaan putri Anda.

Pembicaraan mengenai menstruasi hanya bagian kecil dari diskusi pengenalan seks. Ia membutuhkan informasi yang jujur dari orang dewasa yang ia kenal dan percayai, biasanya ibunya. Jika satu-satunya informasi yang ia dapat berasal dari teman, itu dapat menjadi omong kosong yang akan dipercayainya sebagai fakta. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk mulai berbicara kepada remaja putri Anda lebih awal dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkeliaran di kepala mereka.

Pastikan Anda memberi penjelasan mengenai biologis terlebih dahulu sebelum mulai memasuki pembahasan informasi yang ia cari. Berikanlah nasihat-nasihat praktis. Pelajaran biologi awal, menstruasi berarti tubuh seorang remaja putri sedang berproses menuju kematangan dan akan terjadi siklus bulanan yang menandakan bahwa ia siap untuk hamil. Semua sedang diproses dan dipersiapkan oleh tubuh. Setiap bulan sel telur akan matang dan dilepaskan untuk kemudian melewati tuba falopi menuju uterus. Jika tidak terjadi kehamilan, maka lapisan ekstra pada rahim tidak akan diperlukan lalu kemudian meluruh dalam bentuk campuran darah dan jaringan. Darah tersebut selanjutnya akan dikeluarkan melalui vagina selama siklus menstruasi berlangsung.

Pada umumnya remaja putri akan bertanya kapan hal itu terjadi, bagaimana rasanya dan apa yang harus mereka lakukan ketika siklus itu dimulai. Tidak ada seorangpun yang dapat memprediksi kapan tepatnya siklus tersebut akan terjadi untuk yang pertama kalinya sejak payudara berkembang. Remaja wanita juga dapat mengalami apa yang dinamakan white discharge (keputihan) untuk menandakan tubuh mereka telah siap untuk menghadapi menstruasi. Biasanya terjadi sebulan sebelum siklus berlangsung.

Apakah itu sakit? Kebanyakan remaja akan mengalami rasa nyeri namun pada periode awal tidak akan terlalu parah. Nyeri biasanya akan dirasakan pada abdomen bagian bawah, punggung, paha dan akan berlangsung selama kira-kira dua hari lamanya. Metode pereda nyeri yang dapat digunakan misalnya dengan mengonsumsi obat anti-inflammatory dan mandi air panas.

Normalnya, menstruasi akan terjadi antara usia 10-15 tahun. Namun banyak wanita muda yang bertanya-tanya mengapa teman mereka sudah mengalaminya sedangkan mereka belum. Mungkin mereka khawatir menjadi tidak normal. Hal yang harus Anda lakukan ialah dengan meyakinkan mereka bahwa tidak ada masalah jika menstruasi tidak terjadi sebelum berusia 16 tahun.

Remaja putri Anda juga harus menyadari parameter lainnya, seperti periode menstruasi yang akan berlangsung selama kira-kira 4-7 hari, dan jika setelah 10 hari menstruasi masih berlangsung maka ia harus memeriksakan diri ke dokter. Jika ia membutuhkan lebih dari 2-3 pembalut setiap hari, yang menandakan ia mengalami menstruasi hebat, ia juga dapat pergi untuk berkonsultasi dengan dokter. Dan jika menstruasi diiringi rasa sakit yang luar biasa, ia tidak boleh menunda untuk segera pergi ke dokter.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh remaja putri Anda dapat sangat menarik sekaligus menakutkan baginya. Remaja putri biasanya takut terhadap hal-hal yang belum mereka ketahui sebelumnya namun hal tersebut dapat diredakan dengan edukasi yang tepat mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

Membuka komunikasi dengan remaja putri Anda akan membuat ia tidak segan untuk bertanya lebih lanjut dan menganggap Anda sebagai seseorang yang harus ia cari dalam menggali informasi mengenai hal-hal yang terkait dengan menstruasi dan seks. Jangan sampai ia menjadikan teman-temannya sebagai sumber informasi karena informasi yang akan didapat bisa saja salah. Andalah sumber informasi baginya dan pastikan Anda dapat memerankannya dengan baik!

Olahraga dan kesehatan