Tentang kesehatan

Tips dan Trik untuk Mempertajam Ingatan Anda.

aktif otak[dropcap color=blue cap=I]ngatan sangatlah penting untuk kita. Bukan hanya untuk mengingatkan siapa kita dan segala sesuatu yang telah kita lalui dalam hidup, ingatan juga memberi kita pengetahuan agar kita bisa bertahan hidup. Kita menggunakan ingatan saat kita mempelajari pelajaran baru di sekolah atau[/dropcap]

saat kita belajar menjelang ujian. Kita juga memerlukan ingatan yang bagus saat bersosialisasi. Orang yang bisa mengingat nama terlihat lebih hangat dan lebih bisa terlibat dalam percakapan daripada mereka yang pelupa. Oleh karena itu maka sangatlah penting untuk mempertajam ingatan.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana meningkatkan ingatan Anda. Diantaranya adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan fungsi otak sementara yang lain adalah tindakan pencegahan yang akan membantu Anda mempunyai ingatan yang sangat baik bahkan di saat Anda sudah tua.

Ubah gaya hidup Anda

Apa yang Anda lakukan pada hidup Anda bisa mempengaruhi ingatan Anda. Sehingga mereka yang ingin membuat ingatannya lebih baik tidak hanya mencoba teknik ingatan namun juga mengubah seluruh gaya hidupnya. Anda bisa memulai dengan menghindari hal jahat yang akan menyakiti proses otak Anda. Hal-hal tersebut antara lain adalah merokok dan minum melebihi satu botol (untuk wanita) dan dua botol sehari (untuk pria) dan ini berlaku hanya untuk bir.

Stres adalah faktor yang dapat mengurangi daya ingat Anda. Stres telah menunjukkan tidak hanya melemahkan tubuh dan sistem kekebalan tubuh namun juga melemahkan proses mental. Karena stres tidak dapat dihindari, maka Anda harus menemukan cara untuk bersantai dan mengurangi stres. Anda dapat melakukan ini dengan mengistirahatkan pikiran Anda di akhir pekan dan tidur yang cukup setiap harinya. Anda juga perlu mulai berlatih dan bermeditasi yang mana kedua hal ini bagus untuk otak.

Ubah pola makan

Apa yang Anda makan mencerminkan siapa Anda. Ini mungkin klise tapi hal ini adalah kenyataan. Jika Anda ingin mempunyai otak yang kuat, Anda harus memasukkan ke diet Anda makanan yang sering disebut sebagai makanan otak. Makanan ini mengandung choline dan protein yang membantu pengembangan otak. Contoh dari makanan ini adalah ikan tuna, salmon dan ikan lainnya; kedelai, tahu, susu, kacang-kacangan dan daging sangat kaya protein. Sayur-sayuran dan buah-buahan juga membantu menjaga tubuh tetap kuat dan kaya akan kandungan anti-oksidan. Anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan jenis ini terutama pada umur dimana otak mereka masih tumbuh berkembang.

Melatih pikiran anda

Salah satu alasan kenapa otak melambat adalah karena tidak digunakan sesering yang seharusnya. Ada beberapa penelitian yang mendukung hal tersebut. Orang-orang yang terbiasa mengisi teka-teki silang, bemain permainan strategi dan bekerja, bahkan di saat mereka sudah tua cenderung tidak mudah pikun. Penggunaan otak sebenarnya adalah usaha pencegahan pikun selama masa tua.

Menggunakan teknik ingatan

Otak Anda juga membutuhkan bantuan Anda. Ini tidak berarti jika otak Anda sangat kuat, akan membuat pekerjaan ini menjadi mudah. Jika Anda ingin membuat ingatan Anda lebih baik, gunakan teknik memori yang bisa membuat Anda mengingat lebih. Salah satu contoh adalah menggunakan mnemonik, atau huruf dan kata-kata kunci yang mewakili seluruh informasi. Teknik memori yang lain adalah asosiasi, yang akan menghubungkan sebuah informasi atau item dengan sesuatu yang sudah Anda lihat atau ketahui.