Masalah Hubungan Rumah Tangga

Masalah Hubungan Rumah Tangga[dropcap color=grey cap=S]etiap perjalanan ada rintangannya dan menurut para ahli, kita akan hidup lebih baik jika pikiran kita terbuka menghadapi permasalahan dalam hubungan interpersonal. Tidak ada hubungan yang sempurna dan lebih cepat pasangan mengetahui hal ini, lebih siap pula kita menghadapi rintangan dan permasalahan yang akan menghadang. Pada awalnya, setiap hubungan kelihatan hampir sempurna namun semakin pasangan mengenal satu sama lain, kita akan membuka tabir pengetahuan yang lebih dalam akan[/dropcap]

pasangan kita masing-masing. Bahkan lebih sulit lagi ketika mulai tinggal bersama. Pepatah megatakan bahwa tidak ada cara yang paling tepat untuk mengenal seseorang selain hidup bersamanya.

Umumnya masalah dalam hubungan terdiri dari komunikasi, seks, keuangan dan saling percaya, dan amat penting memiliki tujuan yang sama sebelum berlanjut ke hidup yang baru. Agar hubungan tetap sehat, pasangan harus belajar untuk berkompromi dan toleransi, dan memastikan bahwa mereka tetap berada di kubu yang sama dalam masalah-masalah yang dihadapi. Cara paling baik untuk mengatasi masalah hubungan adalah menyelesaikannya sesegera mungkin. Dengan demikian pasangan dapat terhindar dari penumpukan masalah yang belum selesai, yang berpotensi untuk menggerogoti harmonisasi  rumah tangga. Komunikasi adalah alat yang efektif dalam hubungan sehingga kurangnya komunikasi berarti hancurnya rumah tangga. Komunikasi yang buruk bisa terjadi karena tidak bisa menjadi pendengar yang baik maupun tidak bisa mengekspresikan diri agar dapat dimengerti pasangan.

Akibat bermunculannya teknologi canggih, banyak pasangan yang tanpa sadar menghentikan komunikasi langsung satu sama lain karena keduanya sibuk dengan handphone atau TV. Hal ini adalah musuh dari setiap hubungan yang baik dan ketika pasangan tidak lagi ada waktu untuk menikmati komunikasi tatap muka secara langsung, hubungan ini diambang kesulitan. Ide yang bagus jika pasangan memiliki waktu khusus untuk kencan berdua hanya untuk saling mendengar dan berbicara muka bertemu muka, membicarakan apapun yang bisa dibicarakan. Sebaiknya telepon atau TV dimatikan dan anak-anak sudah tidur. Pasangan disarankan agar tidak saling menyalahkan karena hanya akan berakhir pada debat dan perkelahian, karena itu adalah cara yang salah dalam berkomunikasi yang sehat. Mendengar satu sama lain dengan sabar adalah hal yang sangat disarankan dan akan menjadi langkah awal dalam menghadapi masalah-masalah besar dikemudian hari.

Seks juga merupakan salah satu masalah dalam hubungan rumah tangga di dunia yang mementingkan karir dan pekerjaan diatas segalanya. Setelah pulang kerja, masing-masing merasa lelah dan terlalu letih untuk melakukannya. Cara mengatasinya adalah dengan merencanakan waktu dan berinovasi dalam seks karena seks merupakah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan rumah tangga. Keuangan adalah masalah lain yang harus dibicarakan dengan serius. Pasangan harus bisa bersepakat dalam strategi menabung dan berbelanja. Kejujuran sangat penting ketika berhubungan dengan keuangan dan pasangan harus saling mengerti kebiasaan masing-masing dalam masalah keuangan. Salah satu mungkin lebih boros dari yang lain, sehingga sangat penting untuk bersepakat mengenai ini. Amatlah penting untuk berpikir jernih dan tenang dalam mendiskusikan masalah keuangan, karena saling menyalahkan hanya akan menambah permasalahan yang sudah ada. Kepercayaan adalah penting dalam hubungan rumah tangga, dan pasangan harus bersikap konsisten, adil, ingat waktu, jujur, bertanggung jawab dan saling menghormati. Jika sudah memiliki bekal keterampilan dalam hubungan rumah tangga ini, masalah-masalah akan selesai dan hari-hari akan menjadi lebih indah.