Pentingnya Alat Bantu Dengar

Pentingnya Alat Bantu Dengarangguan pendengaran terjadi karena berbagai faktor; kadang-kadang karena kecelakaan atau penyakit, akibat pengobatan, atau mungkin terjadi sejak lahir. Sebagian orang kehilangan pendengaran karena paparan suara yang keras dan terus-menerus yang menusuk gendang telinga.

Gangguan pendengaran merupakan tantangan fisik yang membuat

frustrasi, namun dalam banyak kasus tersedia harapan untuk pulih; dengan operasi, menggunakan alat bantu dengar, atau kombinasi keduanya. Pemulihan lengkap terkadang tidak selalu mungkin, ini sebabnya mengapa alat bantu dengar sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Anak-anak mengalami kondisi digoda, diusik, dan dijauhi karena masalah kekurangan pendengaran. Para orang tua yang bingung mengapa sang anak tetap mengacuhkan mereka atau mengapa anak tidak dapat belajar seperti anak-anak lainnya harus membawa sang anak untuk diuji pendengarannya. Alat bantu dengar untuk anak-anak telah berkembang pada beberapa tahun terakhir ini. Alat ini tidak lagi tidak menarik, menjengkelkan, atau membebani anak.

Alat bantu dengar dapat membantu anak-anak Anda mengatasi tantangan di kelas. Alat bantu dengar yang tepat bisa membuat banyak perbedaan pada anak Anda untuk membuat keputusan apakah memperhatikan guru atau tidak. Terkadang seseorang yang tidak bisa mendengar dengan baik langsung menyerah kepada keadaan. Ini tidak seharusnya terjadi pada sang anak ketika tersedia pertolongan untuk mereka.

Meski kita tahu ada banyak lelucon tentang masalah pendengaran, namun masalah pendengaran ini harus ditanggapi serius. Terkadang tantangan terbesar datang bukan dari masyarakat, tetapi dari keluarga si penderita sendiri. Anggota keluarga harus lebih sering berada di sekitar penderita dibandingkan orang lain dan bisa menjadi sangat jengkel karena terus menerus harus mengulang-ulang perkataan atau memposisikan diri mereka sehingga sang penderita dapat membaca gerak bibir atau menginterpretasikan sinyal tangan mereka. Suara keras dari televisi atau radio yang dinyalakan oleh tuna rungu bisa menjadi sumber frustrasi bagi mereka yang normal di dalam keluarga. Televisi masa kini telah memiliki fitur closed captioning (subtitle/teks pada layar). Kebanyakan film dvd juga memiliki fitur closed captioning ini sehingga si penderita dapat menonton film dengan anggota keluarga lain tanpa menciptakan situasi yang tidak nyaman.

Situasi memalukan mungkin terjadi ketika seseorang memakai alat bantu dengar, misalnya ketika mereka salah memahami sesuatu yang dikatakan orang lain lalu tertawa. Penderita juga tidak akan mampu mendengar bisikan, sehingga harus ditangani dengan baik ketika berkomunikasi di tengah keramaian. Di luar sana ada banyak dari mereka yang kurang sensitif yang suka mengolok-olok tuna rungu, karena tahu mereka tidak bisa mendengar dengan baik. Hal ini dapat menurunkan harga diri dan membuat depresi si penderita karena tidak bisa mendengar dengan baik dan terus-menerus harus berjuang untuk memahami dan dipahami. Merasa seperti orang buangan ketika memerlukan bantuan namun tidak bisa mendapatkannya adalah sebuah perjuangan. Meskipun alat bantu dengar tidak menyelesaikan semua masalah gangguan pendengaran, namun alat ini akan sangat membuat kehidupan menjadi mudah, baik bagi si penderita yang membutuhkan bantuan maupun mereka yang berkomunikasi dengan si penderita.

Bagi mereka yang memakai alat bantu dengar, berbicara di telepon dulunya dibutuhkan lebih dari sekedar perjuangan. Namun, sekarang pada transmisi telepon telah dilengkapi dengan alat bantu khusus  yang dilengkapi dengan fitur-fitur, termasuk pada telepon seluler.