Tentang kesehatan

Menurunkan Kolesterol Anda Melalui Diet

Menurunkan Kolesterol Anda Melalui Dieteskipun sebagian besar orang percaya bahwa tren mengurangi kolesterol dalam diet kita disebabkan oleh fakta bahwa generasi muda melakukan diet mati-matian, sebetulnya tidak begitu. Membatasi kadar kolesterol tubuh tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penampilan tetapi juga untuk alasan kesehatan. Kadar kolesterol dalam tubuh pada tingkat tertentu dapat menyebabkan

sejumlah komplikasi masalah dalam tubuh dan penyakit yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Masalah seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes akan datang dalam pikiran kita. Hal ini terutama terjadi pada orang yang sudah tua dan dalam usia pertengahan karena perlambatan proses tubuh, terutama sistem pencernaan dan kemampuan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Ini mungkin alasan mengapa orang tua, terutama mereka yang memiliki masalah berat badan, akan diminta oleh dokter untuk mengurangi asupan kolesterol mereka.

Apakah kolesterol itu?

Orang berbicara tentang kolesterol tetapi apakah mereka tahu apa itu dan bagaimana kolesterol dapat mempengaruhi tubuh. Karena berita tentang meningkatnya kasus masalah jantung di negara ini, kolesterol telah menjadi sosok yang antagonis dalam semalam. Semua orang berpikir kalau kolesterol itu buruk.

Sebenarnya tidak semua kolesterol buruk bagi tubuh. Nyatanya, tubuh kita memerlukan kolesterol untuk membuat garam empedu. Kolesterol juga merupakan bahan utama dalam menjaga keseimbangan hormonal serta untuk memproduksi Vitamin D. Hal ini menjadi bermasalah ketika kadarnya menjadi terlalu tinggi sehingga kolesterol menyumbat arteri, membuat darah menjadi sulit mengalir dan jantung sulit untuk memompa.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu yang baik dan yang buruk. LDL yang merupakan jenis yang buruk, menempel pada dinding arteri, membentuk plak yang akhirnya menyumbat jalan aliran darah. Lemak jenuh dan jenis lemak trans adalah sumber kolesterol jenis ini. Hal ini sering ditemukan dalam makanan kemasan seperti camilan kentang dan makanan kaleng.

Di sisi lain HDL dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL. Hal ini karena HDL yang baik ini membantu mengangkut kolesterol LDL dari dinding arteri kembali ke hati dimana akan diekskresikan keluar. HDL ini ditemukan dalam kacang-kacangan dan makanan laut terutama ikan.

Orang yang ingin menurunkan kadar LDL disarankan untuk makan banyak buah-buahan karena serat yang mereka kandung untuk tubuh. Gandum, sereal, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber besar untuk serat yang dapat membantu memerangi munculnya kolesterol LDL, yang akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kolesterol

Berlawanan dengan pendapat umum, bukan hanya diet yang harus dipertimbangkan ketika berhadapan dengan kadar kolesterol tinggi. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Salah satunya adalah umur dan jenis kelamin. Orang yang lebih tua lebih dipengaruhi oleh peningkatan kadar kolesterol karena proses tubuh mereka melambat. Faktor lainnya adalah tingkat aktivitas fisik. Olahraga benar-benar dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, olahraga dapat membantu memperkuat tubuh dan mengencangkan otot.

Menurunkan kadar kolesterol

Dari apa yang telah disebutkan di atas, tampaknya sangat sederhana untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Itu terjadi jika seseorang secara disiplin melakukannya. Cukup makan dengan benar dan berolahraga secara teratur, hindari makanan kaleng dan yang dikemas, maka Anda sedang dalam perjalanan Anda untuk menurunkan kadar kolesterol.

Olahraga dan kesehatan