Mempelajari Masuk dan Keluarnya kolesterol pada Program Pengendalian Kolesterol

kolesterol cap=T]es kolesterol merupakan alat yang berguna bagi perjuangan Anda dalam melawan penyakit jantung, sehingga sungguh mengherankan bila banyak orang yang tidak benar-benar tahu tentang bagaimana cara memahaminya. Jika Anda penasaran tentang bagaimana cara untuk memprediksi dan mencegah serangan jantung, maka mungkin pilihan terbaik Anda adalah tes kolesterol. Kolesterol merupakan suatu bahan berlilin dan lengket yang akan

melapisi dinding bagian dalam pembuluh darah dan membuat darah mengalir lancar di sepanjang sistem peredaran darah Anda. Ketika Anda pergi mengunjungi dokter dan kemudian ia memberitahu Anda kalau Anda perlu sedikit lebih serius dalam melakukan rencana program pengendalian kolesterol, seringkali, nasihat ini hanya masuk lubang telinga kiri dan keluar lewat lubang telinga kanan. Ini merupakan suatu nasihat yang sangat sering kita dengar dari dokter, hingga kemudian kita tidak bisa mendengarnya lagi.

Jika Anda berumur di atas 20 tahun, American Heart Association menyarankan agar Anda melakukan tes kolesterol setiap lima tahun sekali. Jika Anda adalah laki-laki berumur di atas 45 tahun, atau jika Anda adalah perempuan berumur diatas 50 tahun, atau jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung, maka melakukan tes kolesterol setiap dua tahun sekali akan menjadi suatu ide yang baik bagi Anda. Semua orang pernah mendengar tentang kolesterol baik dan kolesterol jahat, namun, sebenarnya ada tiga jenis kolesterol yang perlu Anda perhatikan. Tambahan ketiga setelah dua jenis kolesterol tersebut adalah jumlah kolesterol total. Ini juga perlu Anda perhatikan. Tetapi dokter tidak akan hanya memperhatikan grafik kolesterol Anda saja sebelum ia memperingatkan Anda. Ia juga akan memperhatikan berat badan Anda, tekanan darah dan kebiasaan Anda, sebelum akhirnya memutuskan suatu program untuk tindakan drastis dalam pengendalian kolesterol Anda.

Ada satu situasi di mana dokter akan mengambil langkah drastis, bahkan sekalipun Anda telah memiliki kebiasaan yang menyehatkan dan segala sesuatunya terlihat normal menurut Anda, yaitu jika kolesterol jahat yang Anda miliki ada di atas 160 mg/dL, dokter akan mencoba segera menempatkan Anda dalam program diet ketat dan olahraga rutin, dan jika ini tidak berhasil, maka Anda akan hidup dengan obat-obatan statin. Mari kita pahami tentang kolesterol secara teknis - ini akan membantu Anda apabila Anda mengkhawatirkan tentang program pengendalian kolesterol Anda.

Tes kolesterol sering disebut sebagai suatu analisis lipoprotein atau profil lipid. Apa sebenarnya lipoprotein itu ? Kolesterol tidak akan muncul dengan sendirinya - kolesterol adalah kumpulan lemak (lipid) dan protein. Itulah lipoprotein. Hasil tes kolesterol Anda akan selalu memberikan daftar tentang beberapa hal. HDL (High Density Lipoprotein) sering disebut sebagai kolesterol baik. HDL sebenarnya berhasil menghilangkan lemak dari sistem tubuh Anda. LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat, karena LDL akan menyebarkan lemak ke seluruh tubuh Anda. VLDL (Very Low Density Lipoprotein) akan mendistribusikan trigliserida yang dibuat oleh organ hati Anda. Ini juga akan menjadi buruk, seperti yang telah Anda ketahui. Trigliserida juga bisa menjadi sangat buruk bagi Anda.