Memahami Kolesterol dan Trigliserida

Memahami Kolesterol dan Trigliseridaisiko terkena penyakit jantung dan diabetes akan meningkat secara signifikan jika kadar kolesterol dan trigliserida naik. Jadi Anda harus memahami angka-angka dalam kolesterol dan trigliserida agar Anda dapat hidup lebih lama dan sehat.

Untuk memahami angka-angka kolesterol dan trigliserida, Anda harus memiliki salinan dari hasil tes darah Anda. Anda dapat memintanya

dari dokter yang melakukan tes darah pada Anda. Hasil tes darah tersebut akan menunjukkan angka-angka kolesterol dan trigliserida yang dipecah menjadi angka-angka yang berbeda. Anda harus berpuasa atau tidak makan atau minum selama 8-12 jam sebelum melakukan tes darah. Lamanya waktu berpuasa tergantung pada laboratorium tempat Anda melakukan tes darah.

Apa yang diukur? Kolesterol adalah zat seperti lemak yang berada di dalam sistem darah kita. Tubuh kita sebenarnya memproduksi semua kolesterol yang kita butuhkan untuk menjaga membran sel, memproduksi hormon seks, memproduksi empedu dan membantu dalam memproduksi vitamin D. Sayangnya ada zat dalam daging dan makanan olahan yang akan terurai menjadi kolesterol dan membuat jumlah kolestrol dalam tubuh kita menjadi lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida memiliki kaitan dengan penyakit jantung, penyakit pembuluh darah periferal, stroke, dan pankreatitis.

Dokter akan mencatat usia, riwayat keluarga, riwayat merokok dan tekanan darah tinggi Anda ketika dokter mengevaluasi hasil tes kolesterol Anda. Hasil tes akan berupa Kolesterol Total, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliserida.

Ketika Anda mengevaluasi tes darah Anda untuk memahami kadar kolesterol dan trigliserida, pertama kali Anda harus melihat angka kolesterol total Anda. Angka terbaik adalah dibawah 200. Jika angkanya berada di antara 200 dan 239, dokter akan menganggap ini sebagai garis batas tinggi yang berisiko terkena penyakit jantung, stroke dan diabetes. Dokter akan membandingkan angka total tersebut dengan LDL, HDL dan trigliserida, dan juga terhadap faktor risiko penyakit jantung dan stroke lain yang mungkin Anda miliki. Pada tingkatan ini Anda perlu bekerja sama dengan dokter untuk membuat program pencegahan yang mencakup perubahan pola makan, penurunan berat badan dan olahraga.

Orang yang memiliki kolesterol total lebih dari 240 dinilai berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Mereka biasanya memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung koroner jika dibandingkan dengan orang-orang dalam tingkat yang normal. Pada tingkat ini (tergantung pada kadar LDL, HDL dan trigliserida), Anda harus melakukan perubahan pola makan, berat badan dan kebiasaan olahraga. Periksakan selalu kadar kolesterol Anda dan jika Anda tidak dapat mengurangi kadarnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat penurun kolesterol.

Kolesterol HDL Anda harus tinggi, lebih tinggi lebih baik. Angka HDL yang rendah, kurang dari 40 untuk pria dan 50 untuk wanita, membuat Anda memiliki risiko yang tinggi terkena penyakit jantung. Kadar HDL Anda akan menurun jika Anda kelebihan berat badan, tidak banyak bergerak atau merokok. Orang yang memiliki trigliserida yang tinggi biasanya juga memiliki kolesterol HDL yang rendah.

Angka dalam LDL atau kolesterol jahat adalah angka yang penting agar Anda dapat memahami angka-angka kolesterol dan trigliserida. Jika LDL Anda turun, Anda juga akan menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Beberapa laboratorium akan menggunakan nilai yang berbeda, tetapi secara umum angka LDL yang kurang dari 100 adalah optimal, 100-129 di atas optimal, 130-159 adalah batas tinggi, 160-189 berarti tinggi, dan lebih dari 190 berarti sangat tinggi dan berbahaya. Dokter juga akan mempertimbangkan risiko-risiko Anda yang lain terhadap penyakit jantung dan stroke untuk menentukan angka LDL berapa yang optimal bagi Anda. Kadar kolesterol yang sehat bagi Anda belum tentu sehat bagi orang lain. Berkonsultasilah dengan dokter dan dapatkan penjelasan tentang kriteria apa saja yang membuat sebuah angka dianggap sehat bagi Anda.

Trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan di dalam darah. Orang yang memiliki kadar trigliserida yang tinggi biasanya memiliki angka kolesterol total yang juga tinggi. Kadar trigliserida yang normal adalah kurang dari 150, batas tinggi adalah 150-199, dianggap tinggi jika angkanya adalah 200-499 dan sangat tinggi jika angkanya lebih dari 500. Orang dengan kadar trigliserida yang tinggi biasanya obesitas, tidak aktif secara fisik, merokok atau minum minuman alkohol secara berlebihan. Mereka yang memiliki kadar trigliserida yang tinggi berisiko lebih besar untuk terkena diabetes dibanding mereka yang angkanya mendekati normal.