Tentang kesehatan

Manajemen Kolesterol

Manajemen Kolesterolpa yang diperlukan untuk melakukan suatu program manajemen kolesterol ? Dan apakah Anda meyakini bahwa program ini benar-benar akan menyehatkan jantung Anda. Bagaimanakah cara kerja program ini?

Beberapa uji klinis menerapkan  program manajemen kolesterol terhadap pasien dengan tingkat kolesterol yang bermasalah. Demikian pula, pada May 2001, National Institute of Health telah mengeluarkan  ketetapan untuk prosedur  evaluasi, deteksi dan manajemen kolesterol darah tinggi pada orang dewasa. Hal ini dilakukan untuk

mengurangi tingkat kematian yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner, penyebab utama kematian di Amerika.

Manajemen kolesterol sengaja dimaksudkan untuk membantu pasien dalam mengelola rencana pengobatan kolesterol mereka sendiri. Namun langkah pertama dalam setiap program manajemen kolesterol manapun adalah supaya pasien mengetahui dan memahami  risiko yang mungkin timbul dari program ini. Pengevaluasian risiko akan membantu seseorang untuk mampu beradaptasi terhadap program tersebut dengan lebih baik.

Hal lain yang perlu disadari pasien dalam manajemen kolesterol adalah menemukan tempat yang tepat untuk melakukan pengujian  kolesterol. Klinik dokter Anda adalah tempat yang baik untuk melakukan pengujian. Pengujian berupa pengambilan sampel darah. Dokter Anda adalah orang yang paling dapat diandalkan untuk menganalisa  hasil uji tersebut. Tempat lain yang bisa dipertimbangkan adalah pusat pelayanan kesehatan, pengujian yang diselenggarakan di mal atau komunitas, dan bahkan tepat di rumah Anda hanya akan menggunakan alat penguji sederhana yang tidak seakurat peralatan di klinik.

Juga penting dalam program manajemen kolesterol Anda untuk mengerti apa arti dari angka yang terdapat dalam lembaran hasil tes Anda. Sekiranya  bagi sebagian pasien angka tersebut membuat mereka merasa kuatir maka hal ini harus menjadi alasan yang kuat bagi Anda untuk menjalani perubahan gaya hidup. Pastikan Anda mengetahui angka mana yang menunjukkan keadaan yang kritis dan mana yang aman, dan  bukan yang berada di garis perbatasan antara keduanya. Hal ini dijelaskan bukan untuk menakuti Anda namun untuk memotivasi Anda mengikuti program manajemen kolesterol.

Manajemen kolesterol juga memasukkan program diet sebagai program andalan Anda. Perubahan gaya hidup yang termasuk di dalamnya perubahan dalam kebiasaan makan ditambah kegiatan fisik yang teratur dapat menyelamatkan Anda dari penggunaan obat-obatan. Obat-obatan ini mungkin tersedia namun tentu tidak dianjurkan untuk menjadi pengganti dari diet sehat dan latihan olahraga. Banyak perencanaan diet yang tersedia bagi kebutuhan yang berbeda. Cek bersama dokter Anda rencana diet apa yang terbaik bagi Anda.

Kegiatan fisik yang teratur seperti latihan olahraga sedikitnya 30 menit sehari sangat disarankan untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) seseorang dan untuk mencegah tekanan darah tinggi. Semakin banyak latihan olahraga yang Anda lakukan, semakin  banyak dampak positifnya bagi jantung dan tekanan darah Anda.

Ada beberapa program yang biasanya dilaksanakan dalam manajemen kolesterol namun semuanya memiliki satu tujuan utama, yaitu membantu pasien memonitor kolesterol mereka dan menurunkan angkanya ke tingkat yang lebih sehat.