Tentang kesehatan

Makanan Bebas Kolesterol

rotiampir semua orang tahu kata "kolesterol". Banyak yang tahu bahwa itu adalah zat seperti lilin yang berada diantara lemak yang ada di pembuluh darah. Kolesterol sangat penting dalam pembentukan membran sel dan jaringan lain. Tetapi jika kadar kolesterolnya tinggi bisa menyebabkan stroke. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab utama penyakit jantung. Mempertahankan diet yang sehat dan olahraga yang cukup dapat menurunkan

kadar kolesterol. Mengonsumsi makanan bebas kolesterol membuat kita lebih sehat.

Di sisi lain, itu tidak berarti bahwa Anda boleh melahap semua yang Anda inginkan karena makanan itu bebas kolesterol. Artinya, Anda harus sadar makanan apa yang Anda konsumsi. Mengonsumsi tiga sampai lima porsi buah atau sayuran setiap hari adalah baik. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan bebas kolesterol. Jika Anda ingin semua makanan yang Anda konsumsi adalah makanan bebas kolesterol, buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan pengganti yang baik. Saat berbelanja buah-buahan dan sayuran, belilah mereka untuk digunakan sebagai snack, salad, lauk pauk, makanan pencuci mulut dan hidangan utama. Tambahkan berbagai sayuran pada daging atau buatlah hidangan utama seolah-olah Anda vegetarian. Cuci dan potong sayuran mentah sebelum menyimpannya. Sajikan selalu buah-buahan segar untuk makanan pencuci mulut.

Roti, nasi, sereal, buncis, kacang polong dan pasta adalah makanan yang mengandung zat tepung dan serat yang tinggi serta kandungan kalori dan lemak jenuhnya rendah. Makanan ini tidak memiliki kolesterol makanan (kecuali roti buatan bakery dan produk roti manis). Makanlah sedikitnya enam hingga sebelas porsi dari kelompok makanan ini tiap hari. Jika kadar kolesterol HDL Anda rendah, Anda harus menjaga asupan karbohidrat tidak melebihi 60% dari total kalori. Ketika Anda membeli kelompok makanan ini ingatlah untuk selalu memilih roti gandum utuh karena memiliki kandungan serat lebih tinggi dari roti putih. Belilah juga sereal kering karena sebagian besar sereal kering mengandung lemak yang rendah. Batasilah makanan manis yang dipanggang, karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Jika Anda makan di luar, pilihlah restoran yang menawarkan makanan yang lezat namun rendah kolesterol dan rendah lemak. Tanyakan pada pelayan bagaimana makanan pesanan Anda dimasak. Hindari makanan-makanan yang digoreng, renyah, dipoles, ditumis kental, au gratin atau pan-fried, karena masakan ini tinggi lemak. Hindari juga makanan yang diasinkan, diasap, au jus, makanan berbahan tomat, dan makanan yang disiram dengan saus teriyaki. Sebaliknya pilihlah makanan yang dikukus, direbus, dipanggang dan dibakar. Jika Anda makan di restoran fastfood, hindari burger dengan keju, saus khusus dan daging asap.

Daging asap, sosis dan telur adalah makanan yang sarat dengan kolesterol. Cobalah makan buah-buahan segar, ham tanpa lemak, dan oatmeal untuk sarapan. Telur memiliki kadar kolesterol sangat tinggi, terutama kuning telur. Cobalah mengganti kuning telur dengan putih telur. Putih telur tidak mengandung kolesterol. Sebuah kuning telur mengandung 213 miligram kolesterol. Untuk unggas, pilihlah ayam daripada bebek. Pastikan untuk membuang kulitnya sebelum dimasak,karena Lemaknya berada di kulit.

Ingat, untuk melakukan diet bebas kolesterol, kita harus mengonsumsi makanan bebas kolesterol.

Olahraga dan kesehatan