Tentang kesehatan

Kolesterol dan Penyakit Jantung

Penyakit jantunganyak dari kita tahu apa itu kolesterol dan penyakit jantung. Apa yang tidak diketahui kebanyakan dari kita adalah bahwa terdapat argumen apakah kolesterol merupakan penyebab utama dari penyakit jantung. Beberapa ahli mengatakan bahwa kolesterol merupakan

salah satu penyebab utama penyakit jantung sedangkan yang lain ada yang malah berpikir sebaliknya.

Para ahli dari Framingham Heart Study telah memastikan bahwa kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu faktor bagi penyakit jantung koroner atau PJK. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah yang paling mungkin memiliki penyakit jantung koroner atau PJK. Penyakit jantung koroner tidak biasa terjadi pada kadar kolesterol yang rendah. Hubungan antara kolesterol darah yang tinggi dan penyakit jantung juga telah dikonfirmasi oleh sekelompok ahli. Studi mereka menunjukkan bahwa menurunkan total kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) secara drastis akan mengurangi penyakit jantung koroner. Baru-baru ini, serangkaian percobaan terhadap kolesterol menggunakan obat-obat statin menunjukkan bahwa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol-LDL akan sangat mengurangi kemungkinan mengalami serangan jantung, angioplasti (suatu bypass yang memerlukan operasi) dan kematian akibat penyakit jantung koroner.

Apa faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung? Faktor risikonya adalah kondisi yang dimiliki oleh seseorang. Meskipun demikian, beberapa faktor risiko dapat diubah, dan beberapa faktor risiko lainnya tidak dapat diubah. Secara umum, semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin tinggi peluang Anda untuk mengalami penyakit jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko yang tidak dapat diubah:

  • Usia (umur 55 tahun keatas bagi perempuan dan umur 45 keatas bagi laki-laki)
  • Riwayat keluarga (orang tua atau saudara kandung yang meninggal karena penyakit jantung pada usia tersebut di atas)

Berikut adalah beberapa faktor risiko yang telah diketahui dan dapat diubah:

  • Total kolesterol yang tinggi dan kadar LDL yang tinggi (kolesterol jahat)
  • Kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang Rendah
  • Merokok
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Diabetes (risiko berkembangnya penyakit jantung akan tinggi jika Anda menderita diabetes)
  • Kurang beraktivitas
  • Obesitas atau kegemukan

Anda dianjurkan untuk menemui dokter jika tidak yakin apakah Anda memiliki kolesterol darah yang tinggi.

Meskipun beberapa ahli setuju bahwa kolesterol darah yang tinggi dan penyakit jantung sedikit banyak memiliki hubungan, ada juga sebagian ahli yang cenderung tidak setuju jika terlalu banyak lemak hewani atau kolesterol tinggi dan penyakit jantung saling sejalan. Mereka berpendapat bahwa tidak ada hal seperti kolesterol "buruk" atau "baik". Mereka percaya bahwa stres mental, aktivitas fisik dan perubahan berat badan dapat mempengaruhi tingkat kolesterol darah dan karenanya kolesterol darah tinggi tidak berbahaya, tetapi hanya mencerminkan kondisi yang tidak sehat. Ada banyak faktor yang tidak disetujui sebagian ahli satu sama lain. Namun, apapun penyebab kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Satu-satunya hal yang pasti adalah ... selalu hidup sehat.

Olahraga dan kesehatan